Terkendala Faktor Cuaca Hujan, Dewan akan Tinjau Proyek Jembatan Siak IV

by

EKONOMIPOS.COM (EPC), PEKANBARU – Menjelang tutup tahun 2017, Komisi IV DPRD Riau berencana melakukan peninjauan terhadap pembangunan dua proyek infrastruktur yakni lanjutan Jembatan Siak IV dan Tol Pekanbaru-Dumai.

“Kami akan turun melihat progres pembangunan Siak IV dan Tol Pekanbaru-Dumai, jadwalnya Desember ini, khusus untuk tol meski dibangun dengan APBN, kami ingin melihat perkembangannya, mengetahui apa saja kendala-kendala di lapangan,” kata Ketua Komisi IV DPRD Riau, Hardianto, Selasa (05/12/2017).

Menurut informasi yang diterimanya, sebab kondisi cuaca yang diguyur hujan sehingga mengganggu pengerjaan proyek Siak IV. Namun begitu, Hardianto menilai pihak kontraktor pemegang tender Siak IV kurang terbuka mengenai pembangunan konstruksi jembatan tersebut.

“Kami ingin rekanan terbuka mengenai apa sebenarnya, kondisi rill di lapangan. Kalau bicara mobilisasi alat seperti apa, jangan jadikan kondisi cuaca sebagai alibi,” tegas Hardianto.

Politisi Gerindra Riau itu, merahasiakan jadwal sidak proyek yang sempat mangkrak tiga tahun tersebut. Diharapkannya pula, dengan adanya sistem multi-year pihak rekanan dapat mempercepat pengerjaan Siak IV sesuai target ditentukan rampung pada 2018.

Dalam waktu yang sama, Hardianto mengatakan juga melakukan sidak proyek Tol Pekanbaru-Dumai dengan panjang ruas 131 kilometer. Pengerjaan tol yang digelontorkan dari dana APBN ditargetkan operasional pada 2019 juga menemui kendala-kendala di lapangan.

“Acuannya tetap pada target operasional pada 2019 mendatang. Kita ingin melihat konsistensi pengerjaan dari rekanan. Ada persoalan ganti rugi lahan sudah sejauh mana, Desember ini juga kita tinjau,” ucapnya. (*)