Inhil Canangkan Kampung Keluarga Berencana (KB)

by

EKONOMIPOS.COM (EPC), INHIL – Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir melaksanakan pencanangan Kampung Keluarga Berencana dan Kesatuan Gerakan PKK-KB Kesehatan tahun 2016 yang dirangkai dengan kegiatan Bulan Bhakti Ikatan Bidan Indonesia di Sungai Dusun Kecamatan Batang Tuaka. Kamis (12/5/2016).

Dalam sambutannya Ketua TP PKK Inhil Hj Zulaikhah Wardan mengatakan, agar acara ini tidak hanya sekedar eforia belaka, tetapi bisa menggelorakan semangat kebersamaan, kerjasama dan gotong royong.

“Melalui pencanangan ini dapat memberikan motifasi kepada kader PKK agar terus aktif dalam melaksanakan 10 program pokok PKK dalam rangka membantu kesejahteraan keluarga khususnya di bidang KB dan Kesehatan,” harapnya.

Sementara itu dalam sambutannya Sekretaris BKKBN Provinsi Riau Muhammad Isnaini menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya Kepada Bupati dan seluruh Masyarakat Kabuapten Inhil yang telah mencanangkan Kampung KB yang di rangkai dengan Bulan Bhakti IBI-KB-Kesehatan dimana kegiatan ini di harapkan tumbuh dari masyarakat dan untuk masyarakat.

Dijelaskannya, karena kampung KB tidak hanya sekedar kampung tapi kampung yang melahirkan insan-insan yang cerdas nantinya. Lanjutnya Pembentukan kampung KB merupakan tindak lanjut arahan Presiden RI agar manfaat program KB di rasakan secara langsung oleh masyarakat.

“Untuk itu, melalui kegiatan ini mari kita sungguh-sungguh untuk menggalakkan dan menggaungkan kembali pelaksanaan program kependudukan, KB dan pembangunan Keluarga,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati HM Wardan dalam sambutannya Mengatakan dengan di tunjuka Desa Sungai Dusun sebagai kampung KB TH 2016 sudah melalui beberapa penilaian khusus. Dijelaskannya, dengan pencanangan kampung KB ini bukan berarti semua masyarakat harus ber-KB tapi inti dari pencangan ini yaitu untuk merealisasikan nawacita yang ke-3 yang merupakan program Presiden Joko Widodo.

“Bahwa pembangunan harus di mulai dari pinggiran yang juga merupakan program Nasional, Provinsi, Kabupaten Kota hingga ke Kecamatan dan Desa yang harus di integrasikan dengan prgoram-program yang lain yang ada di SKPD,” jelasnya.

Karena itu ia mengharapakan, dengan adanya program seperti ini yaitu dengan adanya Kampung KB, Bhakti sosial IBI-KB-Kesehatan untuk dapat memberikan pelayanan-pelayanan khususnya kepada ibu-ibu hamil akan pentingnya akan konsultasi-konsultasi yang ada untuk selalu mengecek kehamilan dan kampung KB mampu menciptakan anak-anak yang cerdas dan sehat.

Usai pencanangan Bupati serta rombongan di melanjutkan peninjauan lokasi pemasangan KB yang bertempat di rumah persalinan Desa Sungai Dusun.

Kegiatan hari pencanangan ini turut dihadiri Bupati Indragiri Hilir(Inhil) HM Wardan, Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau yang di wakili Sekretaris Muhammad Isnaini, Unsur Forkopimda, Ketua TP PKK Hj Zulaikhah Wardan sehumlah Pejabat Eselon di lingkungan Pemkab Inhil serta masyarakat Sungai Dusun Kecamatan Batang Tuaka.

Pada kegiatan pencanangan tersebut, di rangkai dengan pencanangan Kampung KB Tingkat Kabupaten Inhi tahun 2016 di Desa Sungai Dusun Kecamatan Batang Tuaka di tandai dengan pembukaan selubung tugu kampung KB oleh Bupati HM Wardan. (Adv)