Zulaikhah Wardan: Kegiatan Ini Sudah Membantu Pemerintah

by

EKONOMIPOS.COM, INHIL – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Hj Zulaikhah Wardan S.Sos ME menghadiri acara Yasinan Akbar.

Acara ini digelar oleh kelompok-kelompok yasinan yang ada di Desa Sungai Luar. Yasinan Akbar kali ini perdana dilaksanakan dan dipusatkan di Mesjid Al Mujahidin Sungai Luar, Kecamatan Batang Tuaka. Kegiatan ini diwacanakan akan terus dilaksanakan 1 kali setiap bulannya.

Yasinan Akbar ini merupakan salah satu program Muslimat NU Desa Sungai Luar di bawah binaan Ketua TP-PKK Kecamatan Batang Tuaka yang juga selaku Ketua Pimpinan Cabang (PAC) Muslimat NU Batang Tuaka, bekerjasama dengan Kepala Desa Sungai Luar. Tujuannya ialah untuk menjalin silaturahmi sesama kelompok yasinan Desa Sungai Luar.

Dalam kesempatan itu turut hadir Camat Batang Tuaka H Marpoyanto S.Kom M.Si, Kepala Desa Sungai Luar Taufik HS, pegurus PC Muslimat NU Inhil, anggota kelompok yasinan se-Desa Sungai Luar, dan masyarakat sekitar.

Kepala Desa Sungai Luar mengatakan acara tersebut bukan ceremonial, tapi kegiatan rutin bulanan. Ia berharap untuk ke depannya jumlah anggota yang hadir semakin meningkat. “Kegiatan kita ini kegiatan bulanan, mudah-mudahan dimasa mendatang jamaahnya bertambah banyak,” tuturnya.

Ucapan terimakasih dan syukur diutarakan Camat Batang Tuaka atas kehadiran Zulaikhah Wardan memenuhi undangannya. Ia juga mengatakan kegiatan ini ditaja atas kerjasama Muslimat NU kecamatan bersama Muslimat NU desa. “Seperti yang dikatakan kepala desa kegiatan ini akan dilaksanakan setiap bulan. Mungkin untuk tempatnya bisa berpindah-pindah. Dengan adanya kegiatan ini Mudah-mudahan desa kita menjadi aman, tentram, dan bahagia. Terimakasih Ibu telah bersedia mengunjungi yasinan kami, semoga Ibu selalu dalam keadaan sehat wal afiat,” harapnya.

Sementara itu sebelum menyampaikan sambutannya, Zulaikhah menyerahkan bantuan mukena, kalender hijriyah tahun 1439 dan buku yasin untuk kelompok yasinan, serta 1 unit Alat Peraga Edukatif (APE) untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Darul Mustofa.

“Saya gembira dan bangga karena dapat bertemu dan bersilaturahim dengan pemerintah kecamatan Batang Tuaka juga warga Desa Sungai Luar ini. Silaturahim dapat menambah umur panjang, dan menambah rezeki. Jika silaturahmi terus terjalin maka keberkahan tidak saja untuk diri kita sendiri, tapi juga untuk kampung kita. Saya ucapkan terimakasih kepada camat, dan terimakasih kepada Bu Camat yang telah menyampaikan gagasan ini,” ujar wanita yang akrab disapa Ikha ini.

Istri Bupati Agamis ini mengaku bahwa kegiatan ini merupakan terobosan dari Muslimat NU Kecamatan dan desa, karena belum ada kecamatan maupun desa lain yang melaksanakan Yasinan Akbar.

“Ini baru pertama kali dilaksanakan. Kegiatan seperti ini sudah membantu pemerintah di bidang keagamaan. Ibu-ibu adalah guru pertama dalam keluarga. Dengan kegiatan ini dapat meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah. Jika Ibu-ibu sudah bertaqwa, maka insya Allah keluarga yang sakinah mawaddah warohmah dapat terjaga. Dan ini juga sejalan dengan visi bupati untuk menjadikan Inhil menuju kabupaten yang maju, bermarwah, dan bermartabat,” urai wanita yang juga merupakan Ketua PC Muslimat NU Inhil ini.

Usai sambutan Zulaikhah, dilanjutkan dengan kultum menjelang Ashar oleh Ustad H Ahmad Dasuki dan solat Ashar berjamaah. Acara ditutup dengan santap sore bersama. (adv)