Konversi Syariah Disetujui, Bank Riau Kepri Gelar Roadshow ke Pondok Pesantren

by

EKONOMIPOS.COM, INDRAGIRI HULU -Setelah mendapatkan Izin Konversi Syariah dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bank Riau Kepri menggelar Road Show pertama ke Pondok Pesantren untuk silaturahmi bersama Ulama. Kali ini Direksi Bank Riau Kepri silaturahmi bersama Ulama di Pondok Pesantren Khairul Ummah, bertempat di Desa Batu Gajah, Air Molek, Kabupaten Indragiri Hulu, Selasa, 12 Juli 2022

Direktur Utama Andi Buchari dan Direktur Dana Dan Jasa Bank Riau Kepri M.A. Suharto disambut langsung oleh Pembina Yayasan Islam Indragiri (YASIN) Prof.Dr.Ir.H. Ary Sandyavitri, M.Sc. I.P.M beserta Pemimpin Pondok Pesantren Khairul Ummah (PPKU) KH. Muhammad Mursyid, M.Pd.I dan jajaran pengurus Pondok Pesantren Khairul Ummah.

Kegiatan silaturahmi tersebut juga bersempena dengan Open House Santri dan Siswa Baru Tahun Pelajaran 2022/2023 yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Khairul Ummah bersama wali santri beserta santri yang akan melaksanakan sekolah di pondok pesantren tersebut.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Bank Riau Kepri dan Pondok Pesantren Khairul Ummah Tentang Jasa Layanan Perbankan.

PKS tersebut ditandatangani secara langsung oleh Pimpinan Bank Riau Kepri Cabang Air Molek Beni Saputra bersama Pemimpin Pondok Pesantren Khairul Ummah (PPKU) KH. Muhammad Mursyid, M.Pd.I dan disaksikan oleh Direktur Utama Andi Buchari dan Direktur Dana Dan Jasa Bank Riau Kepri M.A. Suharto, Pembina Yayasan Islam Indragiri (YASIN) Prof.Dr.Ir.H. Ary Sandyavitri, M.Sc. I.P.M, Ketua YASIN H. Darlis Usman, M. Si dan Pimpinan PPKU IV inhil endang Kurnia, M. Sy.

Dengan adanya jasa layanan perbankan ini nantinya bank riau kepri akan memberikan layanan jasa keuangan berupa pembayaran pendidikan santri dan layanan Cash Management System (CMS) bagi Pondok Pesantren Kahirul Ummah.

Dalam sambutannya Pemimpin PPKU KH. Muhammad Mursyid, M.Pd.I menyampaikan sejarah awal berdirinya Pondok Pesantren Khairul Ummah yang berawal dari Madrasah Tsanawiyah dan berkembang menjadi pondok pesantren dan sekarang sudah memiliki cabang Pondok Pesantren Khairul Ummah II dan akan dibangun Pondok Pesantren Kahirul Ummah III di km. 8 Kec. Kempas Inhil, Khairul Ummah IV serta Khairul Ummah V di Bagan Sinembah Rokan Hilir dan Khairul Ummah VI di kampar.

Lebih lanjut kiyai Mursyid menyampaikan PPKU juga memiliki layanan wakaf dan untuk mensukseskan program wakaf pesantren PPKU tersebut dibantu oleh Bank Riau Kepri.

“Untuk menyukseskan pendidikan disini selain wakaf secara manual juga ada secara auto debet kami dibantu oleh pihak Bank Riau Kepri” Kata Kiyai Mursyid.

“Kepada segenap komponen mari kita sama-sama support karena kita berdomisili di Riau tentu Bank Riau Kepri Syariah yang kita kedepankan” harap Kiyai Mursyid.

Pembina Yayasan Islam Indragiri (YASIN) Prof.Dr.Ir.H. Ary Sandyavitri, M.Sc. I.P.M menyampaikan motivasi kepada seluruh wali santri dan para santri baru untuk menjalankan pendidikan di Pondok Pesantren Khairul Ummah.

Dalam sambutannya Direktur Utama Bank Riau Kepri Andi Buchari menjelaskan bahwa tanggal 4 Juli 2022 BRK sudah mendapatkan izin konversi menjadi bank syariah.

“Ini adalah Penandatangan Perjanjian Kerjasama pertama BRK Syariah kepada pihak eksternal dan Roadshow silaturahmi pertama kami ke Pondok Pesantren” ujar Andi.

Andi juga berharap dukungan dan restu para Ulama, Kiyai, Mubaligh, wali santri dan santri untuk mendukung kemajuan BRK Syariah dan transaksi keuangan dapat dilakukan melalui BRK syariah.

“Kami berharap agar transaksi keuangan dilakukan melakui BRK Syariah, Insya Allah banyak sekali kerjasama yang sudah dilakukan antara BRK Syariah dan Pesantren Khairul Ummah silahkan manfaatkan” Kata Andi

” Dan kami mohon dia restu dari Kiyai, Ulama serta Bapak Ibu dan para santri untuk kemajuan BRK syariah” harap Andi.

Lebih lanjut Andi menjelaskan perbedaan pendirian Bank Syariah di Indonesia dan negara lain.

“Pendirian Bank Syariah di Indonesia ini berbeda dengan negara lain, di Indonesia Bank Syariah dimulai inisiatifnya oleh para ulama dan mubaligh. Berbeda dengan Malaysia bahwa diinisiatif oleh pemerintah dulu baru instruksi turun kepada ulama dan kiyai. Jadi di Indonesia inisiatornya adalah ulama” Terang Andi.

“Mudah-mudahan dengan pola pendirian tersebut Bank Riau Kepri Syariah ini harus dekat dengan para ulama, Kiyai dan Mubaligh dan juga segenap stake holder syariah” harap Andi.

Diakhir kegiatan silaturahmi tersebut dilaksanakan sosialisas produk dan jasa layanan perbankan bank Riau Kepri kepada pengurus PPKU dan wali santri dan siswa baru oleh Direktur Dana dan Jasa Bank Riau Kepri M.A. Suharto.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Pemimpin Divisi Sekretariat Perusahaan Edi Wardana, Pemimpin Divisi Dana dan Jasa Helwin Yunus, Pinbag Retail Funding Febrianto. (Adv)