Disaksikan Plt. Bupati Kuansing, UNIKS dan Baznas Kuansing Gelar MoU Beasiswa Pendidikan

by
Plt Bupati Kuansing Menyaksikan Penandatanganan MoU Beasiswa Pendidikan

EKONOMIPOS.COM, KUANTAN SINGINGI – Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) dan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kuantan Singingi (BAZNAS KUANSING) sepakat menjalin kerjasama dalam hal bantuan beasiswa program satu keluarga satu sarjana (SKSS) yang berkedudukan di Jalan Ruadi. S Abrus Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu (27/07/2022).

Kesepakatan kerjasama ditandai dengan penandatanganan naskah Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes dan Ketua BAZNAS KUANSING Drs. H. Chaidir Arifin yang langsung disaksikan dan diketahui Plt. Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak. MM (Datuak Panglimo Dalam). Turut hadir dari pihak UNIKS Wakil Rektor I M. Irwan, SE., MM, Wakil Rektor III Afrinald Rizhan, SH., MH dan Kabag Kemahasiswaan Helbi Akbar, S.Pd.I., MA sedangkan dari pihak BAZNAS KUANSING hadir seluruh pegawai serta hadir pula tamu undangan dari seluruh kepala dinas dilingkungan organisasi pemerintah daerah (OPD) dan camat se Kabupaten Kuantan Singingi.

Acara penandatangan MoU dibuka oleh Ketua BAZNAS KUANSING Drs. H. Chaidir Arifin. Pada sambutannya, Ketua BAZNAS KUANSING Drs. H. Chaidir memaparkan secara singkat mengenai potensi zakat yang begitu besar dan dapat dipergunakan kemaslahatan ummat sesuai dengan ketentuan dalam Al-Quran.Inisiatif penandatangan MoU bermula dari kegiatan-kegiatan yang sebelumnya telah dilaksankan secara bersama, ditindaklanjuti oleh adanya program SKSS sebagai bentuk pemberian dan bantuan beasiswa bagi keluarga yang kurang mampu berkuliah di UNIKS sebanyak 15 orang, dibantu beasiswa penuh sampai tamat selama 8 semester dan uang saku.

UNIKS selalu berkeinginan agar mempunyai nilai manfaat yang lebih bagi masyarakat sesuai dengan semangat pendirian UNIKS untuk masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi mengecap pendidikan tinggi.Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes menyampaikan akan siap menjadi mitra strategis BAZNAS KUANSING untuk melakukan kajian-kajian potensi zakat perkebunan, yang menjadi potensi sumber daya terbesar negeri jalur ini. Selain itu Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes juga siap menyukseskan program-program prioritas Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi terutama dalam hal pendidikan tinggi, untuk kemajuan pendidikan tinggi di Kabupaten Kuantan Singingi.

Sementara itu, Plt. Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak. MM (Datuak Panglimo Dalam) pada arahannya menyampaikan kepada Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes untuk melakukan kajian pembukaan program studi sesuai dengan kebutuhan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi.Selain itu juga, Plt. Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak. MM (Datuak Panglimo Dalam) menghimbau, mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi, anak kemanakan dan saudara-saudari yang hendak melanjutkan pendidikan tinggi untuk mendaftar dan berkuliah di UNIKS sebagai universitas kebanggan masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi yang didirikan oleh tokoh-tokoh Kabupaten Kuantan Singingi.

Sedangkan kepada BAZNAS KUANSING, Plt. Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak. MM (Datuak Panglimo Dalam) untuk dapat meningkatkan potensi zakat yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi siap bersinergi dalam peningkatan potensi zakat terutama zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjadi sumber terbesar perolehan zakat di BAZNAS KUANSING.

Acara dilanjutkan dengan pemasangan jaket secara simbolis kepada calon mahasiswa UNIKS yang menerima bantuan program beasiswa SKSS dari BAZNAS KUANSING oleh Plt. Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak. MM (Datuak Panglimo Dalam) kepada salah seorang calon mahasiswa dan penyerahan bantuan pendidikan bagai siswa MI, MTs, MA, MAN dan SD, SMP se-Kabupaten Kuantan Singingi tahun 2022 yang diterima secara simbolis oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuantan Singingi H. Masrul Hakim dan ditutup dengan ramah tamah dengan Plt. Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak. MM (Datuak Panglimo Dalam) yang dipandu oleh Ketua BAZNAS KUANSING Drs. H. Chaidir Arifin.

Plt. Bupati Suhardiman Amby Ajak Masyarakat Kuansing Kuliah di UNIKS

Plt. Bupati Suhardiman Amby berharap kedepan semakin meningkat hasil pengumpulan zakat umat islam Kuansing. ” Perintah zakat ini disuruh ambil oleh Allah SWT kepada orang – orang kaya”. Suhardiman Amby juga berkeinginan kedepan Baznas Kuansing lebih gencar lagi mensosialisasikan kewajiban zakat ini kepada masyarakat

Mengacu kepada MoU Baznas, Pemkab dan Universitas Islam Kuantan Singingi tersebut Suhardiman Amby berkeinginan kampus Uniks bisa menjadi kampus pilihan masyarakat Riau secara umum dan Kuansing secara umum. “Uniks harus bisa melahirkan SDM yang berkualitas sehingga dengan keberadaan 10 fakultas yang ada saat ini bisa melahirkan SDM yang mampu memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam Kuantan Singingi “, tegas Suhardiman Amby

Kepada 15 Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Baznas agar belajar dengan baik dan benar, pintah Suhardiman Amby. Kemudian sebelumnya Ketua Baznas Kuansing Chaidir Arifin memaparkan jumlah dana Baznas Kuansing tahun 2022 diperkirakan bisa mencapai 10- 11 miliyar. Dimana tahun 2021 yang lalu hanya 9,6 miliyar

“Alhamdulillah tahun 2022 ada peningkatan yang sangat signifikan masyarakat Kuansing untuk membayar Zakat dimana tahun sebelumnya hanya 9.6 Miliyar dan tahun 2022 diperkirakan bisa mencapai 10 – 11 miliyar”, kata Chaidir. Beasiswa kepada 15 orang yang diberikan Baznas tersebut berupa biaya kuliah full sampai menjadi sarjana, dan pembiayaan tersebut langsung dibayarkan kepada pihak kampus. ” Biaya kuliah untuk beasiswa Penerima berupa biaya kuliah full yang disalurkan kepada pihak kampus” pungkasnya. (Adv)