ASEAN Bakal Jadi Pusat Manufaktur Internasional

by
asean
asean

Ekonomipos.com, ASEAN diperkirakan akan menjadi pusat manufaktur dunia untuk 10 tahun yang akan datang. Potensi yang paling utama terlihat dari banyaknya penduduk dengan usia produktif di wilayah ASEAN.

Chief Economist South Asia, ASEAN and Pasific ANZ, Glenn Maguire menjelaskan, tenaga kerja usia produktif yang melimpah serta lokasi yang strategis menjadi modal ASEAN untuk menjadi pusat manufaktur dunia.

“Berbagai keunggulan ini dapat menarik banyak perusahaan ‎untuk membangun basis produksi di ASEAN, terutama industri manufaktur,” kata dia di InterContinental Hotel, Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Hasil analisis ANZ, Glen menjelaskan, tingkat pertumbuhan ekonomi yang diproyeksikan‎ hanya sedikit di belakang Cina dan India, ASEAN akan muncul sebagai mesin pertumbuhan ke-3 di Asia dan menjadi wilayah dengan pertumbuhan ekonomi terbesar ke-5 di dunia pada akhir dekade ini.

Sampai dengan 2025, perdagangan intra ASEAN diperkirakan akan melebihi US$ 1 triliun dan perdagangan ekstra ASEAN dengan negara-negara G4 yaitu Brasil, Jerman, India, dan Jepang mencapai US$ 3,7 triliun (Liputan6.com).