Dinkes Inhil Targetkan Ada Desa Siaga Aktif di Tiap Puskesmas

by
puskesmas
puskesmas

Ekonomipos, Tembilahan – Masyarakat dan seluruh pihak terkait di Inhil diharapkan  untuk bersama-sama mewujudkan Desa Siaga Aktif di wilayahnya masing-masing. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), dr Hj Alvi Furwanti Alwie, melalui Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat dan Kemitraan, Suhariani SKM, Kamis (7/5/2015) kemarin.

“Target kita tahun ini, minimal ada 1 Desa Siaga Aktif di setiap wilayah kerja UPT Puskesmas,” terang Suhariani

Untuk diketahui bahwa saat ini ada sebanyak 26 UPT Puskesmas yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Inhil ini. Dijelaskan Suhariani, Desa Siaga Aktif merupakan pengembangan dari Desa Siaga. Yaitu desa yang penduduknya dapat mengakses dengan mudah pelayanan kesehatan dasar setiap harinya. Baik itu melalui Poskesdes atau sarana kesehatan yang ada di daerah tersebut, seperti Pustu, Puskesmas atau sarana kesehatan lainnya.

Selain itu, penduduknya mengembangkan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM), yang melaksanakan survailans berbasis masyarakat, kedaruratan kesehatan dan penanggulangan bencana, serta penyehatan lingkungan, sehingga masyarakatnya menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Dengan terwujudnya Desa Siaga Aktif ini, kita harapkan masyarakat peduli, tanggap dan mampu mengenali, mencegah serta mengatasi permasalahan kesehatan yang dihadapi secara mandiri, sehingga derajat kesehatannya meningkat,” tutur Suhariani.

Oleh karena itu, lanjut Suhariani, selain melakukan pembinaan langsung di lapangan, saat ini pihaknya juga akan menginventarisir dan melihat desa mana saja yang bisa ditunjuk sebagai Desa Siaga Aktif.

Apalagi, untuk ditetapkan sebagai Desa Siaga Aktif, harus didukung oleh seluruh elemen yang ada di daerah setempat, mulai dari Pemerintah Desa, Kader PKK dan masyarakat. Sedangkan, Dinkes Inhil hanya memfasilitasi di bidang kesehatannya saja. (Advertorial/ezy)