Pria Ini Dapat Hadiah Batu Akik Dari Kiai Jokowi

by

BATU

EKONOMIPOS.COM, PEKANBARU – Sebuah batu akik bermotif abstrak warna hijau muda itu adalah sebuah hadiah dari Junaedi Al Baghdadi, kiai Presiden Joko Widodo. “Beliau sangat suka mengoleksi batu akik,” kata Djoko Suud Sukahar.

Batu akik itu namanya pirus atau turquoise. Batu ini merupakan salah satu jenis batu akik yang sudah sangat di kenal oleh kalangan masyarakat Indonesia ataupun internasional.

Batu mulia pirus sering di temukan di berbagai daerah dengan karakter kering dan tandus, dimana air tanah yang kaya tembaga merembes ke bawah dan kemudian beraksi dengan bermacam mineral yang mengandung aluminium dan fosfor.

Karena karakter tersebut jenis batu mulia pirus sulit atau jarang di temukan di permukaan bumi. Jenis-jenis batu akik pirus banyak ditemukan dalam warna biru hingga hijau. Warna batu yang dipegang Djoko, hijau.

Jenis batu akik pirus tidak tembus atau bening seperti batu akik lainnya. Batu akik pirus juga selalu memiliki kandungan kotoran berupa tembaga.

Batu akik pirus tertua yang pernah di temukan terdapat di makam mesir kuno yang dibuat sekitar 4000 tahun sebelum masehi.

Ciri-ciri fisik batu akik pirus memiliki bentuk seperti batu akik yang permukaannya halus. Warna batu mulia pirus memiliki karakter warna dari biru sampai hijau, dengan kandungan CuAl(PO4)2(OH)8.4H2O. Indeks bias 1,610 – 1,650, tingkat kekerasan 5 sampai 6 skala mohs.

Kiai Junaedi Al Baghdadi, memang sangat suka mengalokasi berbagai jenis akik. Tidak sedikit pula batu-batu koleksinya itu, dia berikan kepada kerabat dan sahabanya sebagai hadiah.***