Pejabat Pemko Pekanbaru Harus Bisa Lobi Anggaran Pusat

by

EKONOMIPOS.COM (EPC), PEKANBARU – Wakil ketua DPRD Kota Pekanbaru, Sigit Yuwono ST mendukung rencana mutasi pejabat yang akan dilakukan oleh Walikota Firdaus MT.

Bahkan dia menyarankan, agar walikota mencari bawahan yang tangguh, serta benar-benar mengerti dengan tanggungjawab dan tugas pokok di organisasi pemerintahannya. Apalagi tanggung jawab ke depan para pimpinan OPD, sangat besar.

“Banyak program yang sudah kita gariskan. Karenanya, perlu ASN yang tangguh, profesional, dan punya loyalitas terhadap pimpinannya. Jangan cari ASN penjilat,” kata Sigit, Minggu (28/5/2017).

Dijelaskannya, pengalaman lima tahun periode pertama lalu, diharapkan bisa menjadi pengalaman bagi Firdaus, untuk menempatkan kembali para bawahan yang siap bekerja. Jangan menempatkan bawahan yang bisanya mengadu domba.

Hal terpenting lagi, para bawahan yang ditempatkan nanti, harus bisa mengartikan visi misi pembangunan yang sudah dirancang. Sehingga bisa dirasakan masyarakat Kota Pekanbaru.

“Kalau kemarin, hanya Firdaus nya saja yang berlari, sementara pembantunya di OPD berjalan merangkak. Bahkan sudah diarahkan pun tidak jalan. Yang seperti ini akan susah jika masih dipertahankan,’’ kata Sigit.

Bahkan ke depan, para pimpinan OPD, serta pejabat eselon disarankan menandatangani pakta integritas. Tujuannya, jika tidak mampu merealisasikan target dalam beberapa bulan, maka silakan mundur dengan terhormat, sebelum dimutasikan.

Pakta integritas itu seperti bisa menjalankan program, pimpinan OPD tidak hanya mengandalkan APBD saja, tapi harus bisa mencari anggaran ke Pusat dan sebagainya. Seperti halnya Diskes Pekanbaru. Seiring sedang dilaksanakannya pembangunan RSUD Pekanbaru di Jalan Garuda Sakti, masih dibutuhkan anggaran untuk alkes. (*)