Hiswana Migas Riau Minta Pertamina Tetap Salurkan Premium ke SPBU

by

EKONOMIPOS.COM (EPC), PEKANBARU – Wakil Ketua Bidang SPBU Hiswana Migas Riau, Agus Triansyah mengatakan, pihaknya meminta PT Pertamina tetap menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium di SPBU.

“Kami menolak penghapusan Premium di SPBU. Untuk itu, kami minta Pertamina tetap salurkan,” ujar Agus Triansyah di Pekanbaru, Selasa (13/06/2017).

Saat ini operator SPBU di provinsi tersebut lebih diarahkan, agar konsumen membeli BBM jenis Pertalite karena stok penjualan Premium dibatasi perusahaan plat merah tersebut.

Padahal harga jual Pertalite di Riau jauh lebih mahal yakni Rp7.900 per liter karena tidak disubsidi oleh pemerintah, dibandingkan dengan Premium masih disubsidi Rp6.450 per liter.

PT Pertamina mengklaim, tidak terjadi pengurangan terhadap pendistribusian premium, tetapi fakta di lapangan masyarakat di Riau mengeluh karena sulit untuk dapatkan BBM bersubsidi ini.

“Intinya, kami mintalah di SPBU itu tersedia Premium. Saat ini tak semua warga mampu untuk beli BBM jenis Pertalite. Apalagi Pertamax Plus, meski miliki kualitas bagus,” terang Agus, yang juga anggota DPRD Riau.

Ketua Hiswana Migas Riau, Tuah Laksamana sebelumnya mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan PT Pertamina terkait hal itu.

Ia jelaskan, pihaknya ingin memastikan apakah terjadi pengurangan atau memang pilihan konsumen yang sudah banyak beralih menggunakan BBM jenis Pertalite.

“Untuk saat ini, kami melihat Premium masih tersedia di setiap SPBU. Soal pengurangan atau tidak, itu yang kami belum tahu,” katanya.

Sementara Rifki Karta Nasution, Sales Representatif BBM Retail Pertamina Unit Pemasaran Riau mengaku, tidak terjadi pengurangan distribusi Premium di setiap SPBU. “Semua telah kami salurkan, sesuai dengan permintaan SPBU,” kata dia. (*)