CSR Perusahaan di Pekanbaru Tak Tepat Sasaran

by

EKONOMIPOS.COM (EPC), PEKANBARU – Ribuan perusahaan di Kota Pekanbaru dinilai kurang memberi kontribusi bagi masyarakat sekitar melalui program CSR. Kalangan DPRD Pekanbaru meminta agar semua perusahaan di Kota Bertuah ini, membantu fasilitas sekolah. Terutama sekolah-sekolah yang minim fasilitasnya. Seperti meja, kursi serta perlengkapan lainnya. Dengan demikian, para siswa bisa nyaman belajar.

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Sondia Warman mengatakan, selama ini bantuan perusahaan sangat minim. Meski sebagian perusahaan sudah ada menyalurkan bantuannya melalui dana CSR, namun tidak kelihatan. “Sekarang kan sudah ada himbaun Mendikbud tentang bantuan untuk sekolah ini,” kata Sondia, Jumat (01/9/2017).

Seperti diketahui, dari 2.000-an perusahaan yang ada di Kota Pekanbaru, hanya beberapa yang memberikan bantuan CSR. Namun diyakini CSR tersebut tidak tepat sasaran. Makanya, dewan mengharapkan untuk CSR tahun 2017 ini, lebih diarahkan ke pendidikan.

Lebih lanjut dijelaskan politisi PAN tersebut, beberapa perusahaan besar yang ada di Pekanbaru seperti PT CPI, PT Indofood, PTPN V dan lainnya, harusnya menyalurkan CSR-nya untuk masyarakat Kota Pekanbaru. Tidak untuk daerah. “Peranan swasta minim. Kita akui, kalau mengharapkan APBD untuk pendidikan ini minim. Apalagi dengan kondisi rasionalisasi sekarang,” sebutnya.

Karena sudah menjadi keluhan banyak masyarakat, dia meminta pihak terkait bisa memanggil para perusahaan ini, setidaknya menjembatani persoalan pendidikan, agar bisa diatasi.

“Bantuan untuk pendidikan tersebut, tidak hanya sekolah negeri. Tapi sekolah swasta juga diperbolehkan. Tidak ada aturan yang melarangnya,” sebut Sondia. (*)