Puluhan Perusahaan di Kuansing Belum Mampu Menyerap Lebih Banyak Naker Lokal

by
EKONOMIPOS.COM (EPC), KUANTANSINGINGI – Puluhan perusahaan di Kuantan Singingi belum mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak di daerah itu.
 
Data Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Kuantan Singingi, sebanyak 45 perusahaan besar yang beroperasi hanya menyerap 5.920 tenaga kerja. Atau jika dibagi rata-rata hanya sekitar 131 orang setiap perusahaan yang menyediakan peluang penempatan tenaga kerja.
 
“Ini perlu mendapat perhatian agar ke depan bisa lebih banyak menyerap tenaga kerja lokal,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Kuantan Singingi, Asnul, Selasa (24/10/2017).
 
Dikatakan, kondisi minimnya tenaga kerja yang terserap oleh pihak perusahaan belum berbanding lurus dengan keluaran tenaga kerja lokal dari berbagai lulusan di daerah baik itu output sekolah menengah kejuruan maupun universitas.
 
Selain itu, hasil yang didapat oleh pihak perusahaan yang telah beroperasi selama puluhan tahun belum seimbang atau sebanding dengan hasil atau keuntungan yang telah diraih pemilik modal atau yang berinvestasi.
 
“Jumlah tenaga kerja asal Kuansing yang diperkirakan tidak lebih dari 500 orang atau masih di bawah 30 persen yang terserap,” katanya.
 
Data yang terangkum dari 45 Perusahaan yang beroperasi di Kuansing, yang disampaikan secara triwulan soal pemakaian jumlah tenaga kerja yang diterima pemerintah.
 
Menurut dia, untuk mengetahui berapa jumlah tenaga kerja Kuansing, maka Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP Naker) setempat telah mengirimkan Surat Edaran dengan No 560/DPMPTSPTK-UM/IX/614 Tentang Ketenagakerjaan, yang ditujukan kepada seluruh pimpinan perusahaan di Kuansing.
 
Perusahaan sesuai kualifikasinya antara lain tujuh perusahaan bergerak di bidang Jasa, satu bidang perdagangan, tiga perusahaan bidang kehutanan, 19 perusahaan lagi beraktivitas pada kelapa sawit dan 15 di bidang perkebunan. (*)