Wow, Mobil Ini Dikendarai Tanpa Setir

by

EKONOMIPOS.COM (EPC), TOKYO – Toyota kembali tunjukkan kepiawaiannya dalam membuat kendaraan roda empat. Kali ini, Toyota manfaatkan kesempatan untuk pamerakan seri konsep mobil masa depan yang cerdas di Tokyo Motor Show, belum lama ini.

Perkenalkan Concept-i Ride, Toyota hadirkan mobil dua pintu yang pintar. Mobil ini didesain agar penggunanya bisa bebas bergerak. Bahkan, pengguna kursi roda atau para lanjut usia pun bisa dengan mudah mengendalikan mobil ini.

“Salah satu fiturnya adalah paket dan spesifikasi yang sangat universal. Model ini cukup compact. Mudah memarkir kendaraan. Pengguna kursi roda tidak perlu mencari tempat parkir yang diperuntukkan bagi pengguna kursi roda, dan masih bisa keluar masuk dari mobil di temmpat parkir biasa,” kata Project Manager Future Project Departement Toyota Motor Corporation, Shouta Ando, di Tokyo, Jepang seperti dilansir detkcom.

Concept i-Ride menggunakan pintu gullwing. Sehingga, ketika pintunya dibuka, ruang untuk akses keluar masuk mobil pun lebih luas, dan joknya bisa bergeser secara elektrik. Jadi, pengguna kursi roda akan dengan mudah masuk ke dalam mobil. Pengoperasian jok mobilnya telah dirancang sedemikian rupa, sehingga kursi roda dengan mudah disimpan di bagian belakang.

Lebih menarik lagi, Concept-i Ride tak lagi menggunakan setir, pedal gas, pedal rem, apalagi pedal kopling. Pengoperasian mobil ini menggunakan joystick.

“Efeknya, menghilangkan setir membantu memastikan pandangan terbuka dan lebih luas ke depan kendaraan,” kata Ando.

AI Agent yang menjadi otak atau kecerdasan buatan dari mobil ini dan seri Toyota Concept-i lainnya, diposisikan di layar berukuran besar di panel instrumen. Teknologi itu secara aktif memberikan beragam informasi.

“Dengan fungsi ini, pengemudi akan mengembangkan hubungan dengan kendaraan ini seperti yang mereka lakukan dengan Concept-i. Misalnya, Concept-i Ride secara aktif menyediakan informasi pengguna kursi roda yang mendukung kenyamanan. Selain itu, saat pengemudi mengganti kendaraan, Agen, yang mengerti orang, bergerak melintasi kendaraan dalam rangkaian dengan supir untuk mendukung mobilitas yang mulus. Misalnya, meski setelah bepergian dengan pesawat terbang atau kereta api, pengguna dapat mengendarai kendaraan Toyota Concept-i Ride yang tersedia melalui layanan sharing dan Agen yang memahami kondisi dan preferensi pengemudi akan secara aktif mengajukan restoran atau ke mana harus pergi seperti biasa. Agen selalu berinteraksi dengan sopir dan membantu mendeteksi bahaya dan menghindari tabrakan,” jelas Ando.

Jok pengemudi diposisikan di tengah saat dikendarai tanpa penumpang. Ketika di dalam mobil ada penumpang lain, bangku penumpang diposisikan diagonal di belakang sopir sehingga membuat kabin terasa lebih luas untuk sopir maupun penumpang.

Fungsi bantuan mengemudi seperti parkir otomatis dan parkir valet otomatis diaktifkan sehingga memungkinkan siapa saja, termasuk pengguna kursi roda atau lansia bisa berkendara dengan aman.

Mobil ini menggunakan tenaga listrik dan didesain untuk kapasitas dua orang. Mobil ini berkecepatan sekitar 100-150 kilometer. (*)