Prediksi Mudik Lebaran Jalur Udara di Riau Meningkat 7 Persen

by
Sejumlah pesawat milik maskapai Garuda Indonesia terparkir di areal Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (19/6). Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo memperkirakan akan terjadi lonjakan penumpang sebesar 10-15 persen dibanding tahun lalu, sehingga maskapai BUMN itu berencana menambah armada pesawat untuk menampung penumpang mudik dan libur Lebaran. ANTARA FOTO/Lucky R./Rei/kye/15.

EKONOMIPOS.COM – Jumlah pemudik di Riau yang menggunakan jalur udara diperkirakan meningkat sekitar 7 persen dari tahun lalu.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Taufik mengatakan, perkiraan meningkatnya pemudik melalui jalur udara ini sebelumnya berdasarkan hasil analisis, dalam rapat koordinasi antar perhubungan yang dilakukan beberapa waktu sebelumnya.

“Sejalan dengan itu pula, angka pemudik dengan jalur darat mengalami penurunan sebesar 3 persen. Jadi kemungkinan besar ada peralihan pola dari tahun sebelumnya, masyarakat yang biasa mudik dengan jalur darat tahun ini beralih ke udara,” katanya, Senin (21/5), di Pekanbaru.

Dia menambahkan, faktor lain yang menjadi penyebab meningkatnya pemudik di jalur udara lantaran memang harga tiket pesawat murah, bisa dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Hal ini sangat berbeda dengan kondisi pada tahun sebelumnya.

“Kami melihat ada kecenderungan masyarakat sudah mempersiapkan diri sejak awal untuk mudik. Hal ini juga yang kami duga menjadi salah satu penyebab turunnya pemudik di jalur daerah. Selain harga tiket pesawat murah, waktunya jauh lebih singkat sehingga tidak perlu lama di jalan,” sambungnya. (*/bpc)