Upacara peringatan Hari Jadi ke-14 Bupati Ucapkan Terima Kasih Untuk Pejuang Pemekaran

by

EKONOMIPOS, MERANTI – Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM memimpin Upacara peringatan Hari Jadi ke-14 Kabupaten Kepulauan Meranti di Halaman Kantor Bupati, Senin (19/12/2022).

Dalam upacara tahunan yang dihadiri berbagai unsur Forkopimda itu, Adil menghaturkan rasa hormat dan terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya kepada tokoh-tokoh penggagas, pejuang pemekaran Kabupaten Kepulauan Meranti. Baik yang berjuang di daerah maupun di pusat.

“Terkhusus kepada para almarhum para pejuang, mari kita doakan. Semoga Allah subhanahu wa Ta’ala meridhoi dan membalas segala amal kebaikannya dan ditempatkan dalam surga Jannatun Na’iim,” ucap Adil.

Dirinya menyebutkan peringatan Hari Jadi Meranti tahun 2022 ini mengambil tema Kerja Bersama untuk Kepulauan Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat. Hal itu mengandung arti bahwa mengenang kembali untuk melihat wajah Kabupaten Kepulauan Meranti di masa lalu, kini, dan memproyeksikannya ke masa depan.

“Agar kita tidak salah haluan dalam mencapai tujuan strategis pembangunan daerah dan sasaran prioritas pembangunan yang kita sepakati bersama,” ujar Bupati.

Lebih lanjut, dia mengatakan peringatan hari jadi menjadi bukti perjalanan kabupaten yang telah berusia 14 tahun yang senantiasa mengacu kepada nilai-nilai melayu, Islam, dan modernisasi. Ketiga aspek ini, katanya, merupakan tujuan integral dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang sudah, sedang, dan akan dilakukan.

“Pemerintah tetap menjadikan islam dan melayu sebagai jati diri dalam upaya membangun dan memajukan negeri, agar identitas tersebut tetap terjaga di tengah-tengah arus globalisasi,” jelas Bupati.

Selain itu, tema Kerja Bersama untuk Kepulauan Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat itu harus dilakukan dengan kerja sama antara pemerintah kabupaten, bersama provinsi dan pemerintah pusat. Begitu juga dengan pemerintahan desa, swasta, BUMN/BUMD dan seluruh elemen masyarakat.

“Kemitraan inilah yang menjadi strategi dan arah kebijakan serta program-program pembangunan prioritas di Kabupaten Kepulauan Meranti,” tambah Adil.

Di kesempatan yang sama, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP. Andi Yul LTG mengajak seluruh komponen pemerintah daerah dan instansi yang ada untuk terus bersinergi, terutama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibnas).

Dia juga tidak lupa mendoakan agar kabupaten ini semakin maju dan berkembang serta terus berbenah dalam segala bidang.

“Kami dari Polres tentunya selalu siap untuk berkoordinasi, berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah dan seluruh komponen yang ada. Ini demi menciptakan Kamtibmas yang kondusif bagi masyarakat Kepulauan Meranti,” ujarnya.

Hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati AKBP (Purn) H. Asmar, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti Fauzi Hasan, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG, Danramil Tebing Tinggi Kapten Arh. Isnanu, Danposal Selatpanjang Letda Laut (KH) Justine, para staf ahli, para Asisten, Kepala Pengadilan Agama, Kakan Kemenag, pimpinan OPD, Tokoh Pejuang Pemekaran, Ketua MUI, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh Pemuda serta undangan lainnya. Hadir juga Sultan ke XIII Siak Sri Indrapura Sultan As Syaidis Nasir Abdul Jalil Syaifuddin.