Modus Tawarkan Boks Meteran, Waspadai Penipuan Berkedok Petugas PLN

by

EKONOMIPOS.COM (EPC), PEKANBARU – Maraknya penipuan mengatasnamakan petugas PT PLN, menjadi perhatian serius pihak PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau. Warga diimbau agar mewaspadai dan tidak mudah percaya kepada oknum petugas berkedok PLN, yang datang menawarkan berbagai pelayanan.

Manajer SDM dan Umum PLN Riau Kepri Dwi Suryo Abdullah menjelaskan, belakangan ini marak oknum mengaku petugas PLN yang menipu modus mendatangi warga menawarkan boks kWh meter, kartu gantung meter, alat penghemat listrik dan lain-lain yang bahkan tak jarang disertai paksaan dengan mengatasnamakan perusahaan Negara tersebut.

“Kami mengimbau masyarakat untuk selalu waspada. PLN tidak pernah menjual atau menawarkan pemasangan alat apapun kepada pelanggan kecuali ada permintaan dari masyarakat,” kata Dwi, Senin (18/09/2017).

Ditegaskan Dwi bahwa pihaknya tidak pernah memperjualbelikan kWh meter kepada pelanggan, karena alat tersebut adalah aset milik PLN yang secara langsung akan dipinjamkan dan dipasang di tempat pelanggan saat masyarakat resmi menjadi pelanggan.

“PLN hanya menjual tenaga listrik secara resmi yang tercatat melalui Alat Pencatat Meter (APP) berupa kWh meter,” ujar dia.

Diakui dia sejauh ini pihaknya memang belum menerima pengaduan korban penipuan dimaksud di wilayah Riau, walau demikian ia tetap meminta agar berhati-hati akan hal itu.

Dia menyebutkan, jika melihat, mengetahui, atau mengalami tindak penipuan berkedok PLN, pelanggan dapat menghubungi Contact Center PLN nomor 123, Handphone (kode area + 123), Facebook PLN 123, Twitter@pln_123, Email pln123@pln.co.id,website www.pln.co.id atau langsung melapor ke kantor PLN. (*)