Didominasi Anggaran Rutin, Sekdako Pekanbaru Perintahkan OPD Laksanakan APBDP 2017

by

EKONOMIPOS.COM (EPC), PEKANBARU – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, M Noer Mbs meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) segera menjalankan kegiatan yang masuk APBD Perubahan 2017.

Hal itu menyusul tuntasnya verifikasi APBDP dari Pemprov Riau. Meskipun sejauh ini masih ada permintaan perbaikan dari OPD yang sifatnya parsial.

“Sudah dikembalikan ke pemko, jadi verifikasinya sudah selesai. Nomornya juga sudah. Memang ada beberapa yang tetinggal dan diminta diperbaiki, tapi sifatnya parsial saja dari OPD. Tapi secara umum sudah bisa digunakan,” kata M Noer di Kantor Walikota Pekanbaru, Rabu (1/11/2017).

Selain untuk kegiatan rutin di masing-masing OPD, M Noer juga mengungkapkan, ada beberapa kegiatan fisik yang dianggarkan di APBD P. Namun kegiatan fisik tersebut terbatas untuk kegiatan yang bisa dituntaskan dalam tahun ini.

“Iya, ada yang rutin, ada juga yang fisik tapi yang bisa dikerjakan sampai akhir tahun saja. Memang lebih banyak untuk kegiatan rutin saja,” ujarnya.

Sementara saat disinggung terkait realisasi APBD Murni 2017, M Noer belum bisa membeberkan. Dia mengaku belum mendapatkan laporan rekap keseluruhan dari asisten II. Meskipun beberapa hari yang lalu Pemko Pekanbaru sudah menggelar rapat evaluasi pembangunan dan keuangan tahun 2017.

“Kemarin kan sudah rapat evaluasi, tapi hasil rekapnya belum diserahkan ke saya. Itu masih sama pak asisten II sebagai penanggungjawab rapat kemarin,” katanya.

M Noer meminta OPD dan Asisten II untuk segera melaporkan rekap realisasi keuangan dan fisik tahun 2017 dalam pekan ini juga. “Saya minta secepatnya, kalau bisa dalam satu atau dua hari ini. Mudah-mudahan lah dalam minggu ini bisa tuntas dan segera dilaporkan ke saya,” ulasnya.

Seperti diketahui, setelah dilakukan pembahasan selama beberapa pekan, APBD-Perubahan Pekanbaru 2017, disahkan Selasa (3/10) malam lalu, melalui sidang paripurna. Nilai APBD-Perubahan yang disahkan tersebut sebesar Rp 2,62 triliun. (*)