Temui Pimpinan Dewan, Gubri Berharap APBD 2018 Disahkan Akhir November

by

EKONOMIPOS.COM (EPC), PEKANBARU – Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengakui sudah melakukan pertemuan dengan pimpinan DPRD Riau untuk menyepakati APBD murni 2018 paling lambat Senin (27/11) mendatang.

Dengan demikian proses Pengesahan APBD bisa dilaksanakan sebelum berakhir November ini.

Jika jadwal itu terpenuhi, maka Riau tidak dikenai sanksi atas keterlambatan nantinya. Komitmen bersama itu menurut Gubernur sudah dilakukan dengan pimpinan.

“Saya berharap DPRD mengertilah agar tidak memperlambat Pengesahan APBD lagi dan kita terhindar dari sanksi keterlambatan nantinya, ” ujar pria yang akrab disapa Andi Rachman ini, Jumat (24/11).

Menurut dia, tidak ada lagi yang harus diperdebatkan karena sudah tersusun dalam perencanaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Pembahasan di Bappeda. “Kalau mengenai anggaran kan tidak perlu dipermasalahkan dan semuanya sudah dibahas secara matang, kegiatan yang sudah disusun itu sudah melalui pembahasan, ” paparnya.

Andi juga mengingatkan kepada Dewan Untuk jangan mengorbankan terhambatnya pembangunan akibat tarik umur kepentingan di Dewan, sehingga APBD bisa disahkan segera tidak ada kendala. “Jangan sampai kepentingan rakyat terhambat gara-gara kepentingan di dewan,” ujarnya.

Untuk itu menurut Gubernur sebelum masuk bulan Desember harus sudah disahkan sehingga tidak banyak muncul persoalan lagi terutama dalam hal serapan nanti. “Karena akan ada lelang yang harus dimulai Desember untuk sejumlah kegiatan yang besar. Agar tidak terlambat pelaksanaan anggaran tahun depan,” terang Andi.

Dengan tidak adanya kendala dalam penyusunan anggaran menurut Gubernur juga akan mempengaruhi perhatian pusat ke Provinsi Riau. Sebagaimana selama ini banyak yang dipercayakan pusat untuk daerah.

“Pusat juga makin percaya dengan Riau dan tentunya semakin banyak Balai dan kantor pusat di Riau. Kita ingin perhatian pusat terus ke Riau dan kita harus sejalan,” imbuh Andi. (*)