Sepuluh Desa di Rokan Hulu Masuk Kategori Rawan Pangan

by

EKONOMIPOS.COM (EPC), PASIRPANGARAIAN – Dalam rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) dalam rangka merumuskan kebijakan ketahanan pangan Rokan Hulu, terungkap 10 desa masuk kategori rawan pangan.

“Kita kan masih kekurangan pangan. Kemudian ada 10 desa di Rohul yang masih kategori rawan pangan. Itu yang akan kita keroyok ramai-ramai supaya tidak masuk kategori rawan pangan lagi,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Rohul, Ir Sri Hardono, Hardono, Senin (1/1).

Adapun desa yang masuk rawan pangan yakni Desa Menaming, Kepayang, Marga Mulya, Rambah Samo, Desa Tambusai Timur, dan lainnya. Menurutnya, dari sepuluh desa yang masuk daerah rawan pangan, justru ada desa yang merupakan lumbung pangan di Kabupaten Rohul.

“Anehnya ada daerah-daerah yang justru lumbung pangan, tapi kok rawan pangan. Artinya itukan ada yang keliru. Kalau keliru segera di-update, kan data sudah masuk Bappenas, sebab kalau sudah masuk Bappenas kita tidak bisa main-main, jadi isu kita semuanya,” beber dia.

Hardono mengatakan, rakor sehari pada Kamis (28/12) lalu itu diikuti 40 peserta dari perwakilan instansi, perwakilan dari DKP Provinsi Riau, Dinas Ketahanan Pangan Riau, serta perwakilan pusat.

Hardono mengatakan, rapat membahas isu-isu strategis tentang ketahanan pangan, serta strategi bagaimana Rohul menjadi suatu daerah memiliki kedaulatan pangan ke depannya. (*)