Mau Investasi? Ini Tips Sederhana untuk Pemula

by
foto/int
foto/int

EKONOMIPOS.COM–Kebingungan saat hendak menginvestasikan uang, merupakan hal yang wajar. Hal ini tentu saja juga dialami setiap orang sebagai investor pemula. Sebelum membahas lebih jauh mengenai tips sederhana berinvestasi untuk pemula, Anda sebagai calon investor perlu memahami lebih jauh tentang investasi, terutama mempelajari potensi-potensi risiko yang mungkin akan terjadi.

Sebab keamanan dalam berinvestasi tidak serta merta pada instrumen investasi apa yang Anda pilih. Melainkan sejauh mana Anda mengerti tentang seluk beluk jenis investasi tersebut.

Di era yang serba digital ini, investasi menjadi hal penting, untuk jaminan kekuatan finansial Anda di masa depan. Kalau hanya sekedar menabung, kini bukan lagi solusi yang tepat, mengingat lajunya inflasi sulit untuk dikendalikan.

Meski demikian, jangan pernah takut untuk memulai berinvestasi. Oleh sebab itu, kesadaran finansial penting untuk ditanamkan sejak dini. Berikut ini tips sederhana berinvestasi untuk pemula:

Pilihlah Instrumen Investasi yang Tepat
Saham itu instrumen investasi. Reksa dana, deposito, bahkan asuransi sekalipun, juga bagian dari instrumen investasi. Anda punya keleluasaan untuk menentukan di jenis investasi mana uang akan Anda letakkan. Inilah mengapa penting bagi investor pemula untuk memahami jenis-jenis investasi secara mendalam, agar dana yang Anda tempatkan sesuai dengan kebutuhan Anda kedepan.

Selain itu, pelajari risiko dari setiap jenis investasi. Rumusnya sederhana, semakin tinggi nilai keuntungan yang ditawarkan dalam waktu dekat, maka semakin besar risiko yang harus siap Anda tanggung.

“Yang penting logis dan legal. Logis nilai keuntungan yang ditawarkan, dan pastikan perusahaan tempat Anda berinvestasi legal atau memiliki izin yang jelas. Hal ini juga untuk mengurangi risiko kerugian dana yang diinvestasikan,” kata Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riau Yusri.

Mulai Saja dengan Modal Kecil
Siapa bilang ingin berinvestasi itu harus punya modal besar. Saat ini ada banyak instrumen investasi yang bisa dilakukan dengan modal kecil. Misalnya saham. Anda bisa memulai berinvestasi di pasar modal dengan nominal Rp100 ribu.

Mengapa harus dimulai dengan modal yang kecil? hal ini untuk menumbuhkan rasa kepercayaan Anda dalam berinvestasi. Sebab investasi bukan hanya berbicara tentang keuntungan semata, melainkan dana Anda dikelola secara baik dan benar.

Pilih Investasi yang Aman, dan Anda Harus Konsisten
Bagi investor pemula, sebaiknya memilih investasi yang terjamin, agar dana yang Anda investasikan lebih terjamin dan memiliki performa yang baik selama lima hingga sepuluh tahun terakhir, dan beli dalam jumlah sedikit namun secara konsisten.

Jika Anda perlu bantuan dalam memilih investasi yang baik, Anda bisa konsultasi lebih lanjut kepada broker Anda, atau baca-baca artikel mengenai keuangan lainnya

Jangan Monitor Investasi Anda Terlalu Ketat
Perlu dipahami bahwa tujuan utama investasi untuk membangun kekuatan finansial dalam jangka panjang. Anda harus sadar tak ada kaya yang instan. Belajarlah untuk menghargai proses.

Jika Anda mengontrol perkembangan investasi secara berlebihan, Anda akan dihadapkan pada ketakutan berlebihan, sehingga membuat Anda ragu, dan akan sangat berpengaruh terhadap keputusan-keputusan Anda.(bertuahposcom)