Penting! Ini 6 Hal yang Wajib Ditanyakan ke Developer Sebelum Beli Rumah

by

EKONOMIPOS.COM–Memiliki hunian di perumahan bisa jadi salah satu pilihan. Hal ini karena rumah di kawasan perumahan biasanya sudah menyediakan fasilitas pendukung, jadi calon pembeli bisa langsung pindah dan menempati.

Tapi ada baiknya menanyakan hal-hal penting kepada pengembang (developer) sebelum benar-benar memutuskan untuk membeli rumah di tempat tersebut. Ini pertanyaan wajib yang harus ditanyakan ya:

1. Perizinan
CEO Daun Karya Property Kharolina Lesli mengungkapkan legalitas merupakan pertanyaan pertama yang harus disampaikan ke developer. Hal ini karena akan mempengaruhi proses pembelian ke depannya.

“Pertama itu legalitas yang harus ditanyakan. Bagaimana perizinannya, mulai dari izin lokasi, izin lingkungan, izin pembangunan. Minta lihat sertifikatnya ke developer, harus berani minta jangan takut-takut,” kata dia, Kamis (11/3/2021) seperti dikutip dari detikcom.

Menurut Kharolina developer yang benar tidak akan menutup-nutupi atau takut menunjukkan bukti legalitas perusahaan dan proyek perumahannya.

2. Sertifikat
Tanyakan juga ke developer bagaimana sertifikat akta jual beli (AJB) rumah nantinya. Termasuk tanyakan sertifikat hak milik (SHM) jadi jangan sampai salah ya.

3. Serah Terima Kunci
Pertanyaan ini juga sangat penting untuk diajukan. Untuk rumah yang ready stock bisa ditanyakan kapan bisa segera ditempati. Kemudian untuk rumah inden yang biasanya harus menunggu beberapa bulan bisa ditanyakan berapa lama proses pembangunannya, jika pembangunan lewat dari target yang dijanjikan kompensasi apa yang didapatkan, kapan bisa serah terima kunci dan proses pemasangan listrik juga harus ditanyakan.

4. Spesifikasi Bangunan
Calon konsumen juga bisa menanyakan ke developer spesifikasi bangunan apa yang digunakan untuk membangun rumah. Bisa juga meminta developer untuk survei di proyek pembangunan yang sedang dikerjakan. Selain itu jangan lupa juga tanyakan terkait luas tanah, kondisi lingkungan, fasilitas umum sampai pemakaman.

5. Cara Pembelian
Cara pembelian rumah juga bisa langsung ditanyakan. Apakah developer menyediakan skema pembayaran KPR, cash, sampai cash bertahap. Tanyakan bank mana saja yang memfasilitasi kredit di developer tersebut. Dengan adanya kerja sama bank ini calon konsumen juga memeriksa kredibilitas developer kepada pihak bank.

“Jadi bisa tuh ditanya ke bank, apakah benar developer ini bekerja sama dengan bank, sudah berapa lama ya, itu bisa ditanyakan. Supaya makin yakin dengan developer pilihannya,” jelas Kharolina. Tanyakan apa saja persyaratan dan keuntungan apa saja yang didapatkan ketika mengambil pilihan metode pembelian tersebut.

6. Biaya Tambahan
Biaya tambahan menjadi hal yang sangat penting diketahui. Kadang ada developer yang menuliskan harga standar sebuah rumah tapi tidak mencantumkan biaya-biaya tambahan yang harus dibayar oleh konsumen ke depan. Jadi baiknya pastikan dulu biaya tambahan apa yang harus dikeluarkan agar bisa disiapkan uang dan ke depannya menjadi lebih nyaman.

Selain biaya tambahan, developer juga sering kali memberikan hadiah-hadiah untuk para calon konsumennya. Seperti unit AC, pemasangan kanopi sampai cashback uang tunai. Ini juga menjadi penting dan wajib ditanyakan.(mg1)