Enam Orang Perempuan Tewas Terinjak

by

EKONOMIPOS.COM (EPC),GANGA SAGAR – Sedikitnya enam orang perempuan meninggal dunia akibat terinjak-injak dalam festival Makar Sankranti bagi umat Hindu di Sungai Gangga, India. Para korban terinjak-injak saat jutaan peserta berlarian menuju dermaga untuk menaiki perahu kembali ke daerah masing-masing.

Sedikitnya 1,5 juta warga berkumpul di Ganga Sagar, negara bagian West Bengal. Mereka ingin memeriahkan festival Makar Sakranti untuk menandakan berakhirnya musim panen. Pejabat setempat, Manturam Pakhira, menuturkan insiden terjadi saat jutaan orang itu hendak kembali ke kapal.

“Enam orang perempuan tewas terinjak-injak saat mereka berupaya menyeberangi dermaga di seberang Sungai Ganga. Sebanyak 10 orang lainnya luka-luka saat para peserta berlarian ke kapal tujuan Kolkata,” tutur Pakhira.

Tim penyelamat diterjunkan ke lokasi untuk mencari korban yang mungkin saja jatuh ke sungai saat insiden terjadi. Setiap tahunnya, para peserta memadati muara Gangga tersebut untuk mengambil air dari sungai yang disucikan itu dan berdoa di pura yang ditujukan untuk Dewa Kapil Muni.

Insiden terjadi hanya berselang satu hari setelah sebuah perahu terbalik di bagian lain Sungai Gangga di negara bagian Bihar. Sedikitnya 26 orang tewas dalam insiden yang berlangsung Sabtu 14 Januari sore waktu setempat. Perahu tersebut diketahui ditumpangi hingga 50 orang, melebihi kapasitasnya yang hanya mampu menampung 30 penumpang.

Insiden terinjak-injak di festival keagamaan di India bukanlah hal yang langka. Kepolisian dan relawan yang dikerahkan untuk mengamankan festival terkadang tidak mampu menahan banyaknya peserta. Pada 2016, sebanyak 24 orang tewas terinjak-injak di Kota Suci Varanasi. (**)