DPRD Bangka Desak PPK PU Perbaiki Jembatan Ambles

by

EKONOMIPOS.COM (EPC),SUNGAI LIAT – Jembatan di Kota Sungai Liat ambles akibat hujan deras yang terus mengguyur kota tersebut.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Bangka, Firdaus Djohan meminta kepada Pemprov Bangka melalui Satker Balai Besar jalan nasional segera berkoodinasi dengan Dinas PPK Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Dishub Bangka untuk segera memperbaiki jembatan tersebut.

“Saya berharap kepada pihak Provinsi Bangka karena satkernya balai besar jalan nasional untuk segera memperbaiki jalan jembatan yang ambles ini,” kata Firdaus.

“Segera berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Pemprov Bangka, ini sifatnya emergency terlebih ini jalan nasional, jalan protokol utama yang kesehariannya digunakan masyarakat Bangka Belitung,” sambungnya.

Menurut Djohan, dengan kejadian bencana ini jangan sampai nanti pengguna jalan stuck. Kalau stuck, tentunya akan mengganggu perekonomian. Maka dari itu secepatnya jalan jembatan ini secepatnya dikerjakan.

“Oleh karena itu kami dari lembaga perwakilan rakyat daerah berharap penuh dan ini menjadi pengawasan supaya titik-titik yang rawan, seperti banjir, jembatan ambruk, dan jalanan terputus jangan sampai ke depannya terjadi seperti ini lagi,” tegasnya.

Tak hanya itu, Djohan juga mengakui memang selama ini kurang adanya pemantauan secara rutin. Sehingga menyebabkan amblesnya juga terlebih curah hujan memang tinggi.

“Seperti saat ini, kejadian amblesnya jembatan ini kan karena kurangnya pantauan, kurang follow up, terus air yang mengalir lebih besar apalagi tensi hujan seharian ini sangat tinggi,” sesalnya.

“Sekali lagi kami harapkan pihak dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Babel, untuk mengerjakan dan memperbaiki amblesnya jembatan yang semakin parah. Tidak hanya dititik ini saja, di titik-titik rawan bencana lainnya juga meski di kroscek, dan pemeliharaan yang paling penting,” pungkas Djohan. (**)