23.000 Pelanggan Pasca Bayar PLN Bengkalis akan beralih Prabayar di Tahun 2018

by

Sebanyak 23.000 pelanggan PLN Bengkalis akan beralih dari listrik pasca bayar ke listrik Prabayar dengan menggunakan token.

Rencana peralihan ini akan dilakukan mulai Januari hingga Juli 2018 ini.

Hasdedy Manager PLN Bengkalis mengatakan, peralihan dilaksanakan guna memberikan kemudahan kepada pelanggan PLN Bengkalis dalam penggunaan daya.

Karena dengan menggunakan listrik Prabayar pelanggan tidak lagi dibebankan pembayaran beban listrik.

“Listrik pasca bayar kalau daya tidak digunakan mereka tetap bayar bebannya. Namun kalau sudah pakai prabayar tidak lagi membayar beban, berapa pembelian token segitulah penggunaan mereka,” jelas Hasdedy, Kamis (11/1/2018)

Menurut dia, pelanggan yang akan dialihkan ke prabayar ini tidak hanya di kecamatan Bengkalis saja.

Tetapi juga termasuk dua kecamatan Bukit Batu dan Siak Kecil.

“Jadi seluruh pelanggan di bawah rayon Bengkalis ini akan kita alihkan ke prabayar. Sudah dilakukan pendataan jumlahnya yang belum menggunakan prabayar ini ada 23.000 pelanggan, ” jelas Hasdedy.

Sebelum melakukan pergantian listrik prabayar PLN berencana melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat di empat kecamatan ini.

Sosialisasi dilakukan di tingkat kecamatan dengan mengumpulkan kepala desa kepala dusun untuk memberikan pengertian penggunaan listril prabayar ini.

“Dari sosialisasi ini, nantinya mereka lah yang akan melanjutkan sosialisasi ke masyarakat langsung. Baik itu kepala desa maupun kepala dusun, ” jelas Hasdedy.

Baca: Tewas di Hari Ulangtahun Karyawan BRI Meregang Nyawa di Jalan Raya, Akun FBnya Dibanjiri Doa

Hasdedy juga memastikan untuk pergantian listrik dari pasca bayar ke prabayar tidak akan dibebankan biaya kepada masyarakat.

Pihaknya meminta masyarakat jika ada petugas meminta biaya bisa melaporkan langsung ke PLN Rayon Bengkalis.

“Mohon diinformasikan ke kita kalau ada petugas yang mencoba melakukan pungutan biaya saat pergantian alat ukur dari pasca bayar ke prabayar ini, ” tandasnya.