Fenomena Alam 21 Maret: Indonesia Tanpa BayanganFenomena Alam 21 Maret: Indonesia Tanpa Bayangan

by
EKONOMIPOS.COM-PEKANBARU Hari ini, 21 Maret 2018, ada sebuah fenomena alam unik terjadi di Indonesia. Fenomena itu adalah siang ini Indonesia tanpa bayangan matahari.
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Jasyanto menjelaskan fenomena ini terjadi karena siang nanti posisi matahari tepat berada di atas kepala, sehingga tidak ada bayangan yang dihasilkan.
“Peristiwa ini disebut nir bayangan, atau hari tanpa bayangan,” terag Jasyanto, Rabu 21 Maret 2018 sebagaimana detik.com.
Dilanjutkan Jasyanto, hari ini bumi akan bergerak 150 juta kilometer dari matahari dengan periode 365 hari. Garis edar bumi berbentuk agak lonjong, yang membuat bumi kadang bergerak lebih lambat atau lebih cepat.
Namun, lanjut Jasyanto, fenomena hari tanpa bayangan ini tidak terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Fenomena ini hanya terjadi di wilayah tertentu, seperti kota-kota yqng dilalui garis equator seperti pontianak, atau daerah yang berada antara 23,4 Lintang Selatan dan 23,4 Lintang Utara.
Di Riau, fenomena ini bisa terjadi di kota Lipat Kain dan sekitarnya. Puncak hari tanpa bayangan akan terjadi pada pukul 11.50 WIB.(*)