Hadir di STQ Kelurahan Selatpanjang Timur, Bupati Ingin Tahu Perkembangan Qori dan Qoriah

by

EKONOMIPOS.COM, SELATPANJANG – Bupati Kepulauan Meranti H Irwan membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XI tingkat Kelurahan Selatpanjang Timur, Kecamatan Tebing Tinggi. Kegiatan dalam rangka syiar Islam melalui lantunan ayat suci Alquran, sekaligus penjaringan bibit qori dan qoriah itu dipusatkan di Masjid Al-Muhtadin, Jalan Rintis, Selatpanjang, Jumat (06/Maret/2020) malam.

Turut hadir bersama Bupati, Camat Tebing Tinggi Rayan Pribadi SH, Kabag Humas dan Protokol Meranti Rudi MH, Camat Rangsang Pesisir H. Arifuddin, Ketua MUI Meranti H. Mustafa, Ketua LPTQ Kep. Meranti Zulkhairil, Lurah Selatpanjang Timur Ardath SIP dan ribuan masyarakat.

Pembukaan STQ tingkat Kelurahan Selatpanjang Timur dilakukan langsung oleh Bupati Kepulauan Meranti yang ditandai dengan pemukulan kompang.

Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Meranti mengucapkan apresiasi kepada seluruh panitia yang telah menggelar STQ tersebut, menurutnya kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam upaya mensiarkan Islam melalui lantunan ayat suci Alquran agar para generasi muda di Kepulauan Meranti lebih memahami bagaimana cara membaca Alquran yang baik dan benar sekaligus dapat mengaplikasikan isi kandungannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kehadiran Bupati pada pembukaan STQ tingkat kelurahan ini ternyata mengundang tanya dari Ketua LPTQ Meranti Zulkhairil karena tak biasanya dilakukan. Dalam pidatonya Bupati coba menjelaskan kehadirannya dikarenakan rasa penasaran melihat prestasi qori dan qoriah Meranti yang berlomba pada MTQ Tingkat Provinsi semakin menurun.

“Saya penasaran kenapa prestasi MTQ kita terus menurun di sini saya ingin mencari tahu apa penyebabnya,” aku Bupati.

Seperti diketahui, dalam dua tahun terakhir prestasi MTQ Meranti tingkat Provinsi Riau terus melorot hingga ke peringat 7 dari 12 Kabupaten Kota. Hal ini tentu sangat mengecewakan Bupati dimana sebelumnya Meranti selalu menempati prestasi Runner Up.

Ternyata dari penjelasan Ketua LPTQ Meranti salah satu penyebab prestasi qori dan qoriah Meranti menurun adalah karena minimnya dana yang menyebabkan kurang maksimalnya proses pembinaan.

Untuk itu ke depan Bupati Irwan berharap prestasi qori dan qoriah Meranti dalam MTQ tingkat Provinsi Riau kembali bersinar setidaknya meraih peringkat ketiga di 12 Kabupaten Kota, menimbang Meranti merupakan salah satu daerah penghasil qori terbaik di Riau.

“Saya harap pada kesempatan ini dan lainnya, LPTQ Meranti dapat memantau bibit qori dan qoriah Meranti terbaik untuk dibina pada Quran Center Batam yang akan mewakili Kabupaten diajang yang lebih besar,” ujarnya lagi.

Sekedar informasi, seperti dijelaskan ketua panitia pelaksana Zulfan, dalam kegiatan STQ tingkat kelurahan Selatpanjang Timur akan memperlombakan 2 cabang yakni cabang Tartil Quran dan Tilawah anak-anak dengan jumlah peserta 40 orang.

Zulfan berharap iven ini tidak hanya sekedar perlombaan tapi hendaknya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.*(adv)