Dana Lahan Tol Soroja: Rp18 Miliar Telah Dibayarkan

by

EKONOMIPOS.COM (EPC),JAKARTA— PT Citra Marga Lintas Jabar menyatakan telah melakukan dana talangan lahan dengan jumlah pembelanjaan senilai Rp18 miliar hingga akhir Agustus ini.

Direktur Utama PT Citra Marga Lintas Jabar, Bagus Medi Suarso mengatakan telah mengalokasikan dana pembebasan lahan di BLU Kementerian Keuangan senilai Rp53,4 miliar. Hingga kini katanya dari total dana talangan itu telah dibelanjakan Rp18 miliar dengan rincian pembayaran tahap I sebesar Rp10,9 miliar dan tahap II sebesar Rp7,4 miliar.

“ Kami sedang menunggu tagihan berikutnya dari Pejabat Pembuat Komitmen. Harapannya tagihan berikutnya ini bisa terserap dananya paling tidak setengahnya atau ¾-nya. Supaya pemebebasan lahan cepat tuntas,” tekannya

Dia melanjutkan pembebasan lahan ini sudah mencapai 90%, dan berharap dapat dituntaskan sebelum Oktober 2016, dengan demikian tol ini dapat diresmikan tahun depan.

Manajaemen menegaskan waktu operasional itu molor dari target semula dikarenakan pekerjaan tanah timbunan yang mencapai 70% lokasi proyek. Timbunan tanah ini dinilai masih rapuh karena faktor hujan.

“Kami ingin timbunannya kuat, agar pas dibuka tidak mudah rusak. Kualitasnya harus terjaga, karena kalau dipaksakan bisa merugikan,” paparnya.

Dia menunjuk titik tersulit pembangunan jembatan sepanjang 165 meter di atas Sungai Citarum di Kutawaringin, Kabupaten Bandung.

“Itu tiang pancangnya cuma 12 meter karena tanah keras, itu harus dibor lagi karena kami tidak mau ambil risiko. Saya harus jaga mutu jalan tol ini,” paparnya.

 

(Bisnis)