Pelni Gandeng Telkom Kembangkan OEBS

by

EKONOMIPOS.COM (EPC),JAKARTA – Setelah merintis kerja sama di sistem komunikasi kapal, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) kini kembali menggandeng PT Telkom (Persero) untuk implementasi sistem Oracle Enterprise Business Suite (OEBS) di Kantor Pusat Pelni, Jakarta, Rabu (7/9/2016).

Direktur Utama Pelni Elfien Goentoro menegaskan, daftar kerjasama kami dengan Telkom dalam setahun terakhir sudah cukup panjang, dan tidak akan berhenti di sini.

“Mulai dari Sistem Komunikasi Kapal, Call Center 162, dan sekarang aplikasi oracle. Sinergi kedua perusahaan diharapkan dapat memberikan keuntungan tidak hanya dari sisi finasial, tapi juga kinerja keseluruhan corporate,” ujarnya, dalam siaran pers, Rabu (7/9/2016).

Implementasi OEBS di lingkungan kerja Pelni terdiri atas sejumlah pekerjaan, yaitu pengadaan lisensi aplikasi Oracle Enterprise Business Suite modul Financial Management; pengadaan Lisensi Oracle Database Enterprise Edition; pengadaan Perangkat Hardware Server sampai pendampingan dan dukungan implementasi.

Rencananya, dia mengatakan implementasi OEBS akan selesai dalam enam bulan.

Seluruh pekerjaan akan diserahkan Telkom kepada anak usahanya, PT Sigma Solusi Integrasi.

Pada kesempatan yang sama Komisaris Utama Pelni Leon Muhammad mendukung upaya Direksi Pelni mengimplementasikan OEBS di Pelni.

Menurutnya, hal itu sejalan dengan program Kementerian BUMN menuju Pelni yang modern, memiliki sistem terintegrasi dalam proses bisnis, sehingga ke depan Pelni dapat lebih efisisen dan mampu bersaing dengan perusahaan sejenis.

“Jajaran Komisaris sangat mendukung upaya Direksi Pelni dalam penerpan IT dalam proses bisnis perusahaan,” tegasnya.

Direktur EBIS Telkom menyampaikan terima kasih kepada Pelni atas kepercayaan kepada Telkom untuk membangun sistem Enterprise Resources Planning (ERP), dimana implementasi OEBS menjadi bagian dari ERP.

“Change Management People adalah hal utama untuk kesuksesan project implementasi ERP yang harus didorong oleh leader PELNI. Komitmen bersama seluruh jajaran di PELNI dan Telkom akan membuat penyelesaian project ini bisa diakselerasi,” tuturnya.

Dia berharap langkah Pelni yang mempercayakan kebutuhan ICT perusahaannya dapat menjadi contoh bagi BUMN lain.

Penandatanganan komitmen kerja sama ini dilakukan oleh Direktur Utama Pelni Elfien Goentoro dan Direktur EBIS Telkom M Awaludin yang didampingi Direktur Utama PT Sigma Solusi Integrasi Bambang Hari Purnomo.

(Bisnis)