Sewa Mobil Lewat Smartphone Meningkat, GM Lanjutkan Ekspansi Pasar

by

EKONOMIPOS.COM(EPC),SAN FRANCISCO— Usaha sewa mobil dengan sistem car sharing dari General Motors, Maven, diperluas ke San Francisco sebagai pasar kesembilan sejak peluncuran pada Januari lalu.

Pabrikan raksasa otomotif dari Amerika Serikat itu memang tengah gencar memperluas usaha baru yaitu layanan transportasi alternatif sebagai jawaban atas tantangan perubahan sikap konsumen yang senang menyewa kendaraan dibandingkan membeli mobil baru.

Seperti dikutip dari Reuters, Jumat (14/10/2016), saat ini pasar Maven termasuk Boston, Chicago, Los Angeles, New York dan Washington DC.

Maven membeli mobil dari GM dan membayar untuk pemeliharaan, perbaikan dan gas. Selain pendapatan dari penjualan mobil untuk Maven, GM akan menuai keuntungan dari bisnis sharing car tersebut. Biaya menyewa mobil dibanderol US$8 per jam.

Dan Grossman, Chief Operating Officer Maven, mengatakan pelanggan dapat memesan mobil melalui aplikasi dari smartphone. Menurutnya, lebih dari 12.000 pemesanan mobil telah dilakukan sampai saat ini.

 

(Bisnis)