Mengenali Sosok Kartini Lewat Kata-kata Bijaknya

by

KARTINIEkonomiopos.com- Nama R.A Kartini tentunya selalu mengingatkan kita pada sosok perempuan tangguh yang identik dengan emansipasi wanita. Kartini merupakan salah satu Pahlawan Nasional yang namanya kerap kali mewakili nama jalan protokol di Ibu kota .

Beliau yang semasa hidupnya memperjuangkan perempuan agar bisa mendapat kesetaraan dengan laki-laki, terutama dalam masalah pendidikan dan kesempatan untuk berkarya. Saat ini, berkat kerja keras Kartini, perempuan sudah bisa mendapatkan pendidikan setinggi mungkin, dan berkarya sebesar yang diinginkan. Tapi sebagai penerus Kartini, sudahkah kamu memanfaatkan kesempatan itu dengan baik?

Di hari Kartini ini, semoga kita dapat meneruskan perjuangan Kartini dengan menjadi perempuan yang lebih hebat lagi. untuk mengenali sosoknya lebih dalam, berikut kata-kata mutiara Kartini yang patut kita renungi sebagai cerminan Kartini hari ini:

Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya. – R. A. Kartini

Dan biarpun saya tiada beruntung sampai ke ujung jalan itu, meskipun patah di tengah jalan, saya akan mati dengan merasa berbahagia, karena jalannya sudah terbuka dan saya ada turut membantu mengadakan jalan yang menuju ke tempat perempuan Bumiputra merdeka dan berdiri sendiri. – R. A. Kartini

Salah satu daripada cita-cita yang hendak kusebarkan ialah: hormatilah segala yang hidup, hak-haknya, perasaannya, baik tidak terpaksa baikpun karena terpaksa, haruslah juga segan menyakiti mahkluk lain, sedikitpun jangan sampai menyakitinya. Segenap cita-citanya kita hendaklah menjaga sedapat-dapat yang kita usahakan, supaya semasa mahkluk itu terhindar dari penderitaan, dan dengan jalan demikian menolong memperbagus hidupnya: dan lagi ada pula suatu kewajiban yang tinggi murni, yaitu “terima kasih” namanya. – R. A. Kartini (Lintasme)