Ini Tiga Pintu Masuk Uang Tax Amnesty

by

EKONOMIPOS.COM (EPC), JAKARTA – Direktur Utama (Dirut) PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengungkapkan, ada tiga pintu masuk uang repatriasi dari adanya UU Pengampunan Pajak (tax amnesty). Pertama, perbankan karena tempat aman untuk investasi.

Selain itu, kata dia, dana tersebut juga akan masuk ke manajer investasi dan perusahaan sekuritas. Sehingga, menciptakan suplai besar di pasar keuangan.

“Kedua, manager investasi dan ketiga, perusahaan sekuritas. Artinya, ada supply dana ke market, mereka mencari barangnya, mereka sudah antisipasi oleh pasar,” ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (29/6/2016).

Tito menjelaskan, dana yang masuk ke perbankan akan meningkatkan harga sahamnya terutama khusus perusahaan terbuka. Ditambah lagi, net interest margin juga tidak dibatasi pemerintah.

“Perbankan juga Tbk, perbankan insya Allah naik dan saya ingat Bu Rini (Menteri BUMN Rini Soemarno) mengatakan tidak akan membatasi NIM (Net Interset Margin/margin bunga bersih). Efisiensi bunga maka interest‎ kredit turun tapi margin-nya tetap tinggi,” katanya.

Dia mengatakan, dampak kebijakan tax amnesty selain adanya tambahan dana yaitu suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) akan turun. Sebab, bisa membuat produk investasi jadi lebih menarik.

“‎Ada dua hal, pertama dengan adanya supply dana dan niatan pemerintah maka interest akan turun dan secara universal setiap penurunan bunga, pasar modal jadi produk alternatif yang menarik,” pungkas Tito. (Sindo)