Menghilangkan Kebiasaan Bangun Kesiangan

by

Cara-Supaya-Tidak-Bangun-Kesiangan

EKONOMIPOS.COM – Anda tidak bisa membantah fakta bahwa pagi hari adalah waktu yang paling baik untuk memulai sesuatu. Penelitian telah membuktikan bahwa pekerjaan yang dilakukan di pagi hari akan terasa lebih efektif karena beberapa faktor. Pertama karena Anda lebih rileks dan tidak dikejar waktu. Kedua, bangun pagi dapat mengurangi tingkat stress, kemungkinan karena Anda menghidup udara segar tanpa polusi. Masih banyak manfaat bangun di pagi hari lainnya. Menikmati kopi di pagi hari tentu saja lebih terasa nikmat ketika Anda tidak dikejar waktu. Namun tidak semua orang mampu bangun sesuai keinginan. Well, Anda bisa mencoba beberapa tips dibawah ini:

It’s obvious: early to bed, early to rise

Poin ini merupakan salah satu hal yang jelas harus diterapkan. Tidak ada gunanya bangun sesuai jam yang Anda inginkan jika tubuh Anda faktanya masih butuh untuk istirahat lebih lama. Buruknya, Anda justru akan mengantuk beberapa jam kemudian ketika telah berada di kantor. Bayangkan jika rasa kantuk menyerang ketika Anda sedang berada dalam sebuah meeting dengan klien penting. Otak perlu diberi sugesti bahwa Anda butuh istirahat yang pas, latihlah hal ini secara perlahan.

Don’t rush it

Anda tentu memiliki goal tersendiri, let’s say Anda ingin bangun pada pukul lima pagi. But instead, Anda selalu terbangun pukul delapan atau lebih dari itu. Jika telah terbiasa bangun pukul delapan, otak dan tubuh Anda akan sangat susah diajak bekerja sama untuk bangun pukul lima. Anda harus melakukannya perlahan-lahan. Lakukan percobaan. Di beberapa hari pertama, set alarm Anda sekitar pukul 7:30. Lakukan hal ini selama beberapa hari, lalu set ulang alarm Anda pada pukul enam pagi. Kemudian lakukan lagi selama beberapa hari. Secara perlahan, Anda akan bisa bangun pukul lima pagi karena telah terlatih.

Alarm next to your bed? Not a good idea

Menaruh alarm di samping tempat tidur, dalam bentuk smartphone atau classic alarm clock, adalah teori yang salah. Mungkin benar bahwa Anda akan terbangun dalam waktu sekejap karena suaranya sudah pasti akan terdengar nyaring di telinga. Namun ketika badan Anda belum siap untuk bekerja sepenuhnya, hanya tangan Anda saja yang akan bergerak dan mematikan alarm tersebut. Letakkan alarm di tempat yang agak jauh, di meja kerja Anda yang letaknya agak jauh dari tempat tidur misalnya.

Cold water is your friend

Tidak ada yang akan membuka mata dan mengejutkan syaraf Anda di pagi hari dengan sempurna selain dinginnya air. Basuh muka Anda secukupnya setelah bangun tidur, hal ini bisa menjadi kepastian bahwa Anda tidak akan kembali ke tempat tidur setelah terkena air dingin.

Create your morning routine

Ketika Anda bangun siang, Anda akan melewatkan banyak kegiatan pagi yang sebenarnya cukup menyenangkan. Salah satu opsi yang paling bagus adalah melakukan exercise ringan seperti push up atau lari-lari kecil di sekitar lingkungan rumah. Namun exercise bukanlah pilihan utama, Anda bisa saja hanya keluar rumah dan menghirup udara yang segar dan masih bersih. Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah membuat sarapan yang menggugah selera. Tambahkan secangkir kopi atau teh hangat, tergantung selera. Buat mood Anda sebaik mungkin agar menjadi motivasi tersendiri untuk bangun pagi di hari berikutnya.