Kurang Tidur Sebabkan Rumah Tangga Terancam

by

PERNIKAHAN BAHAGIAEkonomipos.com- Kurang tidur selain bisa menyebabkan kantung mata dan keriput, memicu rumahtangga berantakan. Mengapa demikian?

Studi yang dihelat oleh UC Berkeley dipublikasikan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science, menemukan bahwa pasangan suami istri lebih mudah bertengkar di pagi hari apabila mereka kurang tidur di malam hari.

Sebanyak 78 pasangan suami istri berusia muda dilibatkan dan dipelajari kualitas tidur terhadap tingkat stres. Kemudian, pada eksperimen kedua, 71 pasangan diminta untuk mengukur tingkat nyenyak tidur malam mereka. Lalu, selama beberapa hari komunikasi mereka didokumentasikan lewat video.

Hasilnya, pasangan yang memiliki tidur lelap selama 8 jam, ditemukan lebih harmonis dan hangat dalam pernikahan. Sebaliknya, mereka yang kurang tidur, lebih sering bertengkar dan berselisih pendapat.

Studi dari University of Pittsburgh tahun 2011 juga mengungkapkan hasil serupa. Namun, pada penelitian tersebut kurang tidur hanya berpengaruh pada emosi istri. Lebih lanjut, penelitian University of Pittsburgh 2009, menemukan bahwa pernikahan yang bahagia dapat menyembuhkan insomnia (Kompas.com).