Cara Membersihkan Sepatu Sneakers Dengan Tepat

by

EKONOMIPOS.COM (EPC) – SNEAKERS umumnya terbuat dari bahan yang rentan rusak, seperti suede atau kanvas. Oleh karena itu, sneakers perlu perawatan khusus agar tetap awet.

Lantas, bagaimana perawatan yang harus dilakukan? Hal pertama yang perlu diingat adalah cara membersihkannya. Menurut Ade, salah satu kolektor sepatu yang lagi digemari banyak kalangan itu, berbeda material sneakers maka berbeda pula cara membersihkannya.

“Kalau yang bahannya suede atau kanvas, terutama suede, itu rentan sama air. Jadi, cara mencucinya minim air dan pakai cairan yang dijual khusus untuk bahan suede. Kemudian, cara menyikatnya jangan terlalu ditekan. Untuk sneakers yang materialnya warna putih juga pakai cairan khusus,” terangnya,

Kemudian, membersihkan sneakers sebaiknya tidak sembarang menggunakan sabun apalagi deterjen. Pasalnya, sneakers kesayangan bisa rusak dan logonya menjadi luntur. Bahkan, sneakers putih pun bisa menguning. Lebih baik, gunakan sabun yang khusus untuk material sepatu kesayangan Anda.

Lalu perihal penyimpanannya, sebaiknya sneakers tidak selalu diletakkan di dalam kotak. Jika ingin menyimpannya dalam kotak, pilih kotak yang terdapat celah lubang, sehingga cahaya dan angin bisa sedikit masuk.

“Cara menyimpannya jangan selalu di dalam kotak, jangan juga meletakkannya di bawah sinar matahari langsung. Sneakers putih bisa jadi jamuran. Simpanlah di dalam kotak sedikit celah terbuka,” pungkasnya. (**)