Tips Membuat Nasi Goreng Lezat

by

EKONOMIPOS.COM (EPC) – WALAU terlihat simpel, namun tak sedikit orang yang gagal dalam menyajikan nasi goreng yang lezat. Tekstur nasi terkadang terlihat lembek, bumbu tidak merata, atau bahkan kurang pas.

Untuk menghindari hal tersebut, yuk simak tips ampuh mengolah nasi goreng yang lezat dan menguggah selera.

  1. Gunakan nasi bertekstur kering

Pastikan nasi yang Anda gunakan bertekstur kering (pera), namun tetap matang sempurna. Hindari menggunakan nasi yang baru saja matang karena hasil nasi goreng akan menjadi lembek.

  1. Gunakan panci penggoreng yang lebar

Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan Anda saat mengaduk bumbu dan nasi secara bersamaan. Sehingga bumbu dapat tercampur secara merata, dan kenikmatan nasi goreng bisa dirasakan di setiap butiran nasinya.

  1. Gunakan api besar

Saat masuk dalam tahap penggorengan, gunakan lah api besar untuk menghasilkan suhu panas yang pas pada wajan. Cara ini berkhasiat agar nasi tidak menempel pada penggorengan. Suhu panas memunculkan aroma nikmat yang khas pada nasi goreng. Selain itu, jangan menekan-nekan nasi saat proses penggorengan berlangsung, karena hasilnya akan menggumpal.

  1. Masaklah bumbu terlebih dahulu

Poin terpenting yang harus Anda perhatikan adalah masak bumbu terlebih dahulu hingga matang, baru tambahkan nasi dan bahan lainnya. Bumbu yang tidak matang, dapat membuat nasi goreng menjadi tidak nikmat. (**)