Cegah HIV dan AIDS, Diskes Riau Libatkan Waria untuk Sosialisasi

by

EKONOMIPOS.COM (KPC), PEKANBARU – Dinas Kesehatan Provinsi Riau bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) terus melanjutkan sosialisasi pencegahan dan bahaya HIV dan Aids, Senin (4/12). Bhakan sosialisasi kali ini melibatkan penyuluh yang juga dari kelompok waria di Pekanbaru.

Sosialisasi dilakukan di halte dan dalam trans Metro Pekanbaru dengan menggunakan pengeras suara, waria tersebut mengajak penumpang untuk mencegah dan menghindari penularan HIV dan Aids.

Bahkan dengan selebaran juga, waria tersebut membagi-bagikan kepada para penumpang yang ada dalam busway tersebut. Para penumpang terlihat serius mendengar penjelasan waria tersebut.

Kegiatan Sosialisasi ini merupakan masih dalam rangkaian Hari Aids se-Dunia yang diperingati 1 Desember lalu, sebelumnya juga sudah digelar berbagai kegiatan baik sosialisasi maupun kampanye penanggulangan dan pencegahan.

“Untuk ibu-ibu harus bisa jaga suaminya jangan sampai jajan diluar ya ibu – ibu,” ujar waria tersebut sedikit bercanda.

Bidang Program KPA Provinsi Riau, Helmi menjelaskan sosialisasi yang dilakukan melibatkan para aktifitas yang bergerak dalam penanggulangan Aids, dan LSM pendamping.

“Kita sengaja menghadirkan waria untuk menarik perhatian masyarakat dalam memberikan sosialisasi. Karena waria juga kebetulan ada yang menjadi penggiat HIV,” ujar Helmi.

Dia menambahkan, tidak hanya di bus dan tempat umum lain, pihaknya bersama Dinas Kesehatan juga akan lebih intens dan akan mendatangi rumah warga.

“Ke spot ibu rumah tangga yang rentan terdampak penularan HIV juga akan menjadi target kami dalam melakukan sosialisasi. Karena ini penting dalam menekan penularan,” jelas Helmi. (*)