KKN UNRI 2019 Menyukseskan Turnamen Sepak Bola Junior CUP II Muara Langsat

by

EKONOMIPOS.COM, MUARA LANGSAT – Sentajo Raya, bertempat di Lapangan Gelora Indah Muara Langsat Sabtu (28/7/2019) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Riau di Desa Muara Langsat Kecamatan Sentajo Raya berhasil mengadakan serta menyukseskan turnamen Sepak Bola Junior Cup II Muara Langsat. Turnamen ini diselenggarakan oleh desa Muara Langsat sendiri dan Mahasiswa Kuliah kerja Nyata diamanahkan sebagai panitia penyelenggara turnamen tersebut. Turnamen ini ditujukan untuk anak-anak usia 9-12 tahun.

Ini merupakan turnamen ke-2 sekaligus termasuk program kerja yang dicanangkan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Riau di bawah bimbingan dosen pembimbing lapangan (DPL) Chelsy Yesicha, S. Sos. M.I.Kom. Turnamen Sepak Bola Junior Cup II Muara Langsat dihadiri oleh beberapa tokoh desa seperti H. Suripta (kepala desa Muara Langsat), Suprapto (ketua Karang Taruna Muara Langsat), Agung Rahmat (calon anggota terpilih DPRD Kuantan Singingi), serta perangkat desa lainnya.

Turnamen ini sebagai sarana untuk mewadahi, melatih, dan membimbing para pemain muda sehingga dapat melahirkan bibit-bibit unggul. Masyarakat juga mendukung hal ini dengan membentuk tim-tim sepak bola dari tiap Sekolah Dasar (SD). Turnamen Sepak Bola Junior Cup II diikuti oleh banyak tim dari berbagai desa yang berasal dari kecamatan berbeda seperti tim Hulu Teso dari kecamatan Logas Tanah Darat, tim KSS (Kuantan Soccer School) dari Taluk Kuantan, dan tim-tim lainnya.

“Selain melahirkan bibit unggul, turnamen ini dimaksudkan agar para pemain muda lebih terdidik lagi dalam Sepak Bola. Jadi, skill anak-anak disini tidak akan kalah dari skill anak-anak diluar sana,” kata Bapak Suprapto selaku ketua Karang Taruna desa Muara Langsat.

Lanjut Suprapto lagi, turnamen yang diselenggarakan selama dua tahun terakhir ini ternyata berhasil membuat banyak tim berpartisipasi, yaitu dengan ikutnya 19 tim. 19 tim tersebut terbagi dalam empat grup yang bertanding merebutkan juara dan runner up grup dalam babak kualifikasi.

Menurut Bapak Dicky Arianda, pelatih tim KSS (Kuantan Soccer School) Taluk Kuantan yang berhasil membawa anak didiknya ke partai final melawan tim Hulu Teso, turnamen ini sangat membantu untuk mengukur kemampuan pemain-pemain muda. Lanjutnya, timnya melakukan latihan setiap sore untuk mempersiapkan mental dan fisik pemain sebelum bertanding tanpa mengganggu waktu sekolah mereka. Berkat kerja keras mereka pun, tim KSS Taluk Kuantan mampu mengamankan tiket final turnamen.

Saat ditanya apa motivasi yang dia berikan pada anak-anak didiknya, pelatih tim KSS Taluk Kuantan menjawab sambil tersenyum.
“Kerja keras, maka semoga cita-citamu menjadi pemain Sepak Bola dapat terwujud.”
Tanggapan dari Bapak Firmansyah, pelatih tim Hulu Teso pun tak berbeda jauh dari pelatih tim KSS. Beliau mengatakan bahwa turnamen memberikan dampak postif bagi anak-anak desa untuk melatih kemampuan mereka. Tiga tim dari sekolah-sekolah yang Beliau latih juga menunjukkan skill bermain yang baik, mengingat selama ini skill mereka jarang diasah karena sedikitnya turnamen Sepak Bola anak-anak.

“Kuncinya kita harus sabar, sabar dan sabar dalam melatih mereka. Itu untuk kebaikan mereka juga nantinya,” kata Beliau saat ditanyai tentang tips saat melatih. Beliau juga berharap turnamen ini bisa membantu memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam permainan pemain muda dan melahirkan pemain yang membanggakan nusa serta bangsa.
Turnamen Sepak Bola Junior Cup II Muara Langsat diakhiri dengan kemenangan tim Hulu Teso dengan skor telak 3-0 atas tim KSS. Pemberian penghargaan berupa hadiah kepada para pemenang sekaligus pelatih tim menjadikan resminya turnamen ditutup. (epc/ri)