Bisa Turun BB Tanpa Diet, Ini 5 Sarapan Rendah Kalori yang Enak

by

EKONOMIPOS.COM – Rendah kalori tapi mengenyangkan. Menu sarapan enak ini bisa bantu turunkan berat badan tanpa diet ketat.

Sebenarnya banyak makanan rendah kalori yang bisa dijadikan menu sarapan enak dan sehat. Bahkan makanan-makanan ini bisa membuat tubuh terasa lebih kenyang, hingga membantu menurunkan berat badan tanpa diet.

Menurut Cesar Sauza, selaku ahli gizi dari AltaMed Health Services. Dikutip dari detikcom, ia menjelaskan bahwa pola makan rendah kalori, secara tidak langsung menciptakan defisit kalori yang ampuh memangkas berat badan.

Dilansir dari Insider (06/04), berikut beberapa sarapan sehat rendah kalori yang enak dan mengenyangkan.

1. Sup

Sup yang berisi sayuran cocok disantap saat sarapan. Makanan rumahan yang satu ini termasuk ke dalam makanan sehat rendah kalori. Kuah bening dari sup yang minim bumbu, membuatnya lebih rendah kalori.

Dalam satu mangkuk sup sayur bening, hanya terdapat sekitar 123 kalori. Lengkap dengan karbohidrat 24,3. Jika ditambah dengan sayuran seperti wortel atau buncis, kisaran kalorinya tak lebih dari 250.

Kuah sup juga berfungsi membuat tubuh merasa lebih kenyang. Hindari sarapan sup dengan krim yang kental. Pilih kuah sup bening, yang bisa ditambah dengan kaldu ayam atau sapi sesuai selera. Cek lima rekomendasi resep sup bening yang praktis di sini.

2. Telur

Jadi menu andalan orang-orang saat sarapan. Kreasi telur untuk sarapan memang tidak pernah bikin bosan. Selain rasanya yang enak, telur mengandung protein yang cukup tinggi. Kalorinya juga rendah, tapi tergantung cara pengolahannya ya.

Kalau mau lebih sehat, bisa coba sarapan dengan telur rebus yang kalorinya berkisar sekitar 75 kalori per butir. Beberapa ahli gizi setuju bahwa telur ini merupakan menu sarapan yang paling sehat untuk menurunkan berat badan.

Kalau bosan dengan telur rebus yang polos. Bisa coba masak semur telur yang mudah dibuat. Tentunya kalori telur semur berbeda ya, kisarannya sekitar 130 kalori per 100 gram. Tetap lebih rendah kalori dibandingkan menu sarapan lainnya.

3. Brown rice

Pasta dan oatmeal kebanyakan diolah dari gandum utuh yang membuat tubuh kenyang lebih lama. Tak hanya itu, brown rice atau nasi cokelat yang terbuat dari gandum utuh bisa jadi pilihan sehat untuk menu sarapan.

Meski belum sepopuler nasi merah, tapi nasi cokelat ini menawarkan serat yang lebih tinggi. Rasanya juga cukup enak dan cukup pulen.

Dalam 100 gram brown rice, hanya mengandung 116 kalori saja. Sementara untuk satu mangkok besar, kalorinya cuma 232 saja. Nasi cokelat cocok buat kamu yang tak bisa sarapan tanpa nasi.

4. Dada Ayam

Dada ayam jadi menu andalannya para pejuang diet yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Potongan ayam yang satu ini terkenal rendah lemak dan rendah kalori. Namun sumber proteinnya cukup tinggi.

Bahkan 100 gram dada ayam, kandungan proteinnya setara dengan 100 gram daging sapi. Di mana kalori daging dada ayam, 25% lebih rendah dari daging sapi.

Kisaran kalori dalam 100 gram dada ayam, sekitar 165 kalori saja. Agar rasanya semakin enak, dada ayam bisa dipanggang menggunakan bumbu sederhana. Selain itu dagingnya lebih sehat karena tidak digoreng. Cek resep ayam panggang ala restoran di sini.

5. Kuaci

Siapa yang menyangka bahwa cemilan jadul semasa kecil ini ternyata memiliki kalori yang rendah. Meski tidak seberat menu sarapan lainnya, kuaci ini mirip seperti kacang.

Kelebihannya kuaci kaya akan lemak sehat, serat serta nutrisi seperti vitamin E. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rutin mengkonsumsi kuaci, dikaitkan dengan penurunan berat badan pada orang-orang yang memiliki tubuh gemuk.

Cemilan ini juga baik untuk kesehatan jantung. Hanya ada 35 kalori, dalam setiap 6 gram kuaci yang jumlahnya cukup banyak. Meski tidak bisa dijadikan menu sarapan utama, kuaci bisa jadi pengganjal perut bagi yang tidak terlalu suka sarapan. (mg1)