Rumitnya jadi reseller produk Apple di Indonesia

by

EKONOMIPOS.COM (EPC), JAKARTA – Director Marketing & Communications Erajaya, Djatmiko Wardoyo mengatakan situs ibox.co.id merupakan Apple Premium Reseller pertama yang aktif secara online di Indonesia. Proses mendirikannya pun tak sederhana, njelimet khas Apple.

“Meskipun sekadar reseller, tapi ini gak sembarangan. Kami sampai harus izin dulu kepada Apple,” ujar Djatmiko saat ditemui di sela peluncuran situs iBox di Jakarta, Selasa (21/6/2016)..

Proses pembuatan tersebut diakui Djatmiko sudah dimulai sejak awal tahun 2015, tetapi sempat ditolak oleh Apple, hingga akhirnya ditawarkan kembali dan mendapatkan izin pada akhir 2015.

Sementara CEO Retail Group Erajaya Group of Companies, Jeremy Sim menambahkan, awalnya Erajaya mengetahui bahwa Apple belum memiliki niat untuk membuat situs Apple.co.id. Karena itu mereka menawarkan kerjasama untuk membuat dan mengelolanya. Namun pengajuan tersebut ditolak.

Kemudian pada kesempatan berikutnya, Apple justru menawarkan untuk membuat iBox versi online yang menjual berbagai produk buatan mereka. Maka dimulailah proses pembuatan ibox.co.id.

Serba ketat

Jeremy menambahkan, jika tidak mengantongi izin tersebut dan nekat mencantumkan logo Apple di situsnya, maka raksasa teknologi itu bisa saja memperkarakannya.

“Kalau tanpa izin dan ketahuan mereka pasti bakal dikejar dan diperkarakan. Memang mereka ketat sekali soal itu,” ujarnya.

Mau buka ini saja mesti ada persetujuan khusus. Mau pakai logonya, ada perizinan lagi. Hal yang diurus antara lain izin, agreement, lalu mengenasi situs itu dicek soal pelayanan, desain, hingga kata-kata yang dipakai di dalamnya,” terang Jeremy.

Pengecekan kualitas yang dilakukan Apple tak berhenti di situ. Pengelola pun mesti meyakinkan bahwa sistem penyimpanan produk dan pemrosesan pengiriman mereka handal, sesuai dengan standar dari Apple. Setelah itu baru reseller mendapatkan izin.

Jeremy menambahkan, meski ibox.co.id merupakan reseller online Apple yang pertama di Indonesia, tak menutup kemungkinan akan muncul reseller resmi lainnya. Tentu saja hal itu terjadi jika Apple sudah memberi izin pada perusahaan lain.

Seperti diberitakan sebelumnya, iBox mulai menjual produk-produk Apple secara online melalui situs ibox.co.id. Situs tersebut diluncurkan pada Selasa (21/6/2016) lalu.

Anak usaha grup Erajaya ini berharap bisa menjangkau lebih banyak orang, terutama pecinta produk Apple yang ada di berbagai daerah. (kci)