OJK: Perbankan Riau Aman dari Virus Ransomware

by

EKONOMIPOs.COM (EPC), PEKANBARU – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan sistem digitalisasi perbankan dan keuangan di Riau aman dari serangan virus berbahaya Ransomware WannaCry.

Kepala OJK Riau, M Nurdin Subandi, mengatakan, seluruh operasional perbankan di Riau berjalan normal hingga saat ini.

Hingga saat ini OJK Riau belum ada menerima laporan serangan virus tersebut pada sistem jarinngan dan komputerisasi industri perbankan dam keuangan di Riau. Belum ada hambatan operasional yang kami terima hingga sore ini pada aktifitas perbankan di Riau, begitu juga di internal OJK,” ujar Nurdin, Senin (15/05/2017).

Dia mengingatkan kepada pelaku industri keuangan tetap waspada dengan serangan virus ini. Serta melakukan langkah antisipatif untuk memastikan keamanan infrastruktur teknologi informasi dan layanan sistem informasi sebelum menggunakan.

Sebelumnya virus ini di Indonesia telah menyerang infrastruktur teknologi informasi pada dua rumah sakit yakni Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais.

Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudi Antara sempat menghimbau setiap badan, organisasi dam korporasi berhati-hati saat mengakses perangkat komputer.

Rudi mengatakan, untuk memastikan komputer, server-nya untuk tidak terhubung dengan jaringan internet sebelum dihidupkan.

Setelah itu, komputer bisa dihidupkan kembali dan segera lakukan backup data penting yang ada di masing-masing komputer atau server.

“Sementara dulu, kabel jaringan cabut, WiFi matikan sementara, sampai nanti data yang penting di-copy dahulu. Paling mudah itu dulu,” katanya. (*)