Makan di Gurindam Serasa Menghadiri Jamuan ala Kerajaan Melayu

by
foto/int
foto/int

Ekonomipos.com, PEKANBARU – Bagi Anda yang hobi makan di luar rumah, tentunya sudah terbiasa dengan beberapa metode pemesanan konvensional. Baik dengan cara memesan terlebih dahulu dan menunggu pesanan diantar, maupun cara prasmanan (ambil sendiri).

Nah, yang ditawarkan Gurindam Pondok Melayu ini merupakan cara yang unik dan baru. Di sini ada yang namanya Bedulang. Dikatakan Manager Gurindam, Ida, Rabu (25/02/2015), Bedulang secara harfiah artinya makan dengan menggunakan dulang (semacam nampah berukuran besar).

“Dulang adalah nampah bundar berukuran besar, tempat untuk menaruh piring-piring kecil berisi makanan. Biasanya muat enam macam piring kecil dan 3 sampai 4 mangkuk kecil sambal di tengahnya,” jelas Ida.

Inilah yang akan menjadikan Gurindam Pondok Melayu lebih berkesan. Untuk menu bedulang, kita bisa pesan menu menurut selera. Yang pasti cara penyajiannya tetap menggunakan dulang.

Kepada bertuahpos.com, Ida memaparkan, cara menghidangkan makanan Bedulang ini laksana jamuan makan khas Kerajaan Melayu tempo dulu. Pada zaman dahulu, adat istiadat seperti ini bermakna saling menghormati antar orang muda kepada yang tua. Karena dengan cara ini, yang muda harus menyendokkan nasi kepada yang lebih tua terlebih dahulu.

Dengan menghadirkan Bedulang, Gurindam juga berusaha untuk memperkenalkan sekaligus menjaga adat, tradisi dan kebudayaan Melayu.

Bagaimana? Jika anda penasaran seperti  apa nuansa santap ala Gurindam Pondok Melayu, silahkan berkunjung ke Jalan Jenderal Sudirman (samping Indomaret-Fly over Jalan. Nangka) Pekanbaru  atau hubungi: 0812-2488-8812/0813-6429-2290. (nova/BERTUAHPOS.COM)