Jaringan Gas Rumah Tangga akan Diperluas di Pekanbaru

by

EKONOMIPOS.COM (EPC), PEKANBARU – Pemko Pekanbaru mengusulkan penambahan jaringan gas rumah tangga ke Pemerintah Pusat. Sebelumnya, jaringan gas rumah tangga telah dibangun dan terpasang di rumah warga Kecamatan Sail, Limapuluh dan Pekanbaru Kota.

Ke depan, Pemko Pekanbaru akan mengusulkan pembangunan di tiga kecamatan lainnya. “Penambahan akan dilakukan di tahun 2019 mendatang. Di tahun 2019 akan diprioritaskan lagi di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Sukajadi, Kecamatan Senapelan dan Kecamatan Marpoyan Damai,” ujar Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Minggu (05/11/2017).

Untuk tahap bantuan tahun 2019 tersebut itu, usulannya masuk di tahun 2018 mendatang. Bahkan, untuk jaringan gas rumah tangga tahap ketiga ini, Pemko Pekanbaru akan merencanakan lebih matang. “Semoga bantuan ini nantinya segera terwujud dengan baik untuk masyarakat di tiga kecamatan,” ujarnya.

Dikatakan Ayat, keberhasilan masuknya jaringan gas rumah tangga ke masyarakat tidak lepas dari adanya peran serta dan dukungan masyarakat sehingga pembangunan city gas berjalan tanpa kendala.

“Seperti ketika pemasangan pipa gas dan instalasi harus dikawal oleh SKPD terkait sehingga tidak ada kendala. Untuk itu, ini perlu dukungan semua pihak dan saya berharap Pekanbaru bisa mencontoh Pemda Prabumulih yang telah sukses menjalankan program ini,” ungkapnya.

Ayat menyebut, Kota Prabumulih menjadi kota percontohan dimana pemerintah maupun warganya sangat kooperatif dan mendukung program Jaringan Nasional (Jargas). Kedua faktor itu menjadi kunci penting keberhasilan program jargas yang bisa ditiru kota/kabupaten lain di Indonesia.

Sebelumnya Ayat Cahyadi bersama Asisten II Setdako Pekanbaru Dedi Gusriadi dan Kepala Bagian Ekonomi Setdako Pekanbaru, Laksmi mendatangi kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Jakarta. (*)