Stop! Jangan Lakukan Ini Jika Kalian Tidak Ingin Punya Wajah Kusam dan Berjerawat

by

EKONOMIPOS.COM, PEKANBARU – Kesalahan yang sering dilakukan oleh para ledis dalam merawat wajahnya ialah saat mencuci muka. jika kamu melakukan kesalahan pada saat mencuci muka maka akan berakibat fatal karena mencuci muka merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari.

Apa aja sih kesalahan saat mencuci muka? Nah, berikut ini 10 kesalahan yang sering dilakukan saat kalian mencuci muka:

Tidak mencuci tangan sebelum mencuci muka

Siapa nih yang kebiasaan setelah berkegiatan di luar ruangan saat mencuci muka tidak mencuci tangan terlebih dahulu ? hayooo ngaku

Tau nggak sih kalian kalau ini adalah perbuatan yang salah. Karena tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling jorok. Tangan banyak mengandung bakteri dan kotoran.

Banyak banget kegiatan yang kita lakukan dapat menimbulkan sumber bakteri pada tangan seperti bersalaman, menukar uang kembalian, bermain handphone dan lain sebagainya.

Maka dari itu sebelum kalian mencuci muka cucilah tangan terlebih dahulu. Kalian tidak mau kan niatnya mau membersihkan muka tetapi malah memindahkan bakteri yang ada pada tangan  di muka.

Mencuci muka dengan sabun mandi atau sabun batangan

Komposisi sabun mandi terlalu keras untuk dijadikan sabun saat mencuci wajah kalian. Sabun mendi mengandung bahan alkali yang bisa membuat kulit wajah anda semakin kering dan kusam.

Maka dari itu gunakanlah sabun atau pembersih wajah yang memang diperuntukkan untuk wajah. Karena kulit wajah kita berbeda dengan kulit pada bagian tubuh lainnya.

Gonta-ganti cleanser

Hal ini sering kali dilakukan oleh para ledis apabila cleanser yang dipakai tidak cocok pada kulit wajah. Tetapi, ini juga sangat berbahaya lho untuk wajah kita. Bisa jadi yang awalnya  tidak mempunyai keluhan berjerawat justru malah  akan menimbulkan jerawat.

Mencuci muka dengan suhu air berlebihan

Mencuci muka dengan suhu yang terlalu dingin tidak akan mengangkat kotoran pada kulit wajah kalian terangkat. Begitupun sebaliknya mencuci muka dengan suhu air yang terlalu hangat justru menimbulkan pori-pori yang besar pada wajah. Dan yang lebih parahnya jika kalian sering melakukan cuci muka pada suhu yang panas akan membuat pembuluh darah kalian pecah secara permanen.

Tidak melakukan double cleansing  

Bagi kalian yang full bermakeup. Mencuci muka hanya dengan facial wash saja tanpa memakai makeup remover terlebih dahulu itu tidak akan membersihkan wajah kalian. Menggunakan makeup remover penting banget dilakukan untuk mengilangkan sisa-sisa makeup pada wajah kalian. Karena jika hanya memakai facial wash tanpa dibarengi dengan makeup remover akan mengakibatkan timbulnya jerawat dan kusamnya wajah.

Menggunakan srub wajah terlalu sering

Ternyata masih banyak lho yang menggunakan scrub di wajah setiap hari. Terlalu sering menggunakan scrub dapat mengganggu produksi minyak pada wajah kalian. Untuk hasil yang baik gunakan scrub sekali seminggu setelah mencuci muka ya.

Tidak menggunakan handuk khusus pada wajah

Kalau kalian masih mempunyai kebiasaan mengeringkan badan dan muka dengan satu handuk yang sama. Stop berhenti lakukan hal ini. Sediakanlah handuk khusus untuk wajah sekarang juga ! dan jika kalian masih menggunakan handuk dengan tekstur yang kasar gantilah handuk dengan tekstur yang lebih lembut. Dengan mengganti handuk setidaknya kamu sudah meminimalisir kuman menempel di kulit wajah.

Mencuci muka lebih dari dua kali sehari

Pastikan kalian tidak mencuci muka lebih dari dua kali. Kenapa ? karena jika kalian mencuci muka lebih dari yang dianjurkan maka produksi minyak pada wajah akan terganggu. Kulit kamu bisa menjadi lebih kering, kusam dan rasanya seperti tertarik.

Terlalu cepat atau terlalu lama saat mencuci muka

Untuk mencuci muka kita tidak perlu memakan waktu yang lama tetapi bukan berarti dalam hanya dalam 3 detik  saja.

Setidaknya kamu membersihkan wajah dengan jari-jari tangan kamu dengan benar lakukan gerakan  memutar dan sedikit pijatan secara lembut.

Mencuci muka dengan spons mandi

Siapa nih yang mempunyai kebiasaan seperti ini? Mitosnya bisa menghilangkan komedo. Daripada mencuci muka dengan spons mandi yang bisa merusak  barier pada wajah.

Itu dia kesalahan yang sering dilakukan saat mencuci muka, kalian pernah lakukan yang mana nih? jangan diulangi lagi ya guys. (mg1)