Hari Ini LRT Palembang Mulai Beroperasi

by
foto/int

EKONOMIPOS.COM – Kereta light rail transit (LRT) Palembang, Sumatera Selatan mulai beroperasi hari ini. Beroperasi untuk umum, pemerintah masih memberikan batasan bagi masyarakat yang menggunakan kereta tersebut.

“Hari ini kereta LRT beroperasi dari pukul 14.00 WIB. Beroperasi untuk umum, tapi terbatas karena baru dua rangkaian yang dioperasikan,” terang Kadishub Sumsel, Nelson Firdaus seperti dilansir detikFinance, Senin (23/7/2018).

Dikatakan Nelson, kereta beroperasi dari stasiun Bandara SMB II hingga stasiun di Jakabaring. Namun begitu, kereta masih memproritaskan penumpang TNI, Polri, ASN dan aparat pemerintah lain di Sumatera Selatan.

“Kami prioritaskan penumpang di tahap pertama operasional ini dari Polri, ASN, TNI dan aparat pemerintah yang ada di Sumatera Selatan dulu. Kalaupun nanti ada penumpang di luar itu tetap bisa ya, tapi terbatas,” imbuh Nelson.

Untuk dua rangkaian yang beroperasi mulai hari ini, Nelson menyebut hal itu berlaku hingga 31 Juli. Setelah itu, rangkaian kereta LRT lain dipastikan beroperasi penuh jelang Pelaksanaan Asian Games 2018.

“Titik beratnya adalah untuk persiapan Asian Games, sampai 31 Juli ini hanya ada dua trainset yang beroperasi. Tapi kalau 1 Agustus nanti, baru kami akan operasionalkan semua kereta untuk umum,” katanya.

Secara terpisah, Kepala Proyek LRT Palembang Masudi Jauhari sebut secara keseluruhan progres LRT telah mencapai 96%. Saat Asian Games 2018 nanti hanya akan ada enam stasiun yang siap beroperasi.

“Progress keseluruhan saat ini mencapai 96%, sisanya tinggal finishing dan pengerjaan bawah stasiun. Sedangkan untuk stasiun yang siap beroperasi hari ini baru stasiun Bandara, Bumi Siriwijaya Cinde, Ampera, Jakabaring dan stasiun DJKA di OPI Mall ,” kata Masudi.

“Persiapan sudah tidak ada masalah lagi, semua sudah selesai dan siap kalau LRT beroperasi hari ini. Semua persiapan kan sudah dilakukan sejak jauh hari,” tambah Masudi. (**)